Jurnal Internasional Gratis

4 Likes Comment
jurnal internasional gratis

Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang berisi tentang kumpulan artikel yang ditulis oleh para profesor, peneliti, serta para pakar yang lainnya. Jurnal ini fokus pada bidang studi tertentu. Berbeda dengan majalah atau koran. Untuk bisa menikmatinya banyak terdapat jurnal internasional gratis yang bisa didapatkan.

Audiensi dari penikmat jurnal ini lebih banyak dari kalangan akademisi atau teknis, jarang yang dari pembaca umum. Hal ini karena jurnal banyak menjadi rujukan pada suatu penulisan karya ilmiah atau karya tulis, dimana hasil dari penulisan tersebut dapat menjadi suatu penelitian baru.

Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis

Apabila Anda saat ini sedang mengerjakan karya ilmiah, sangat dibutuhkan jurnal sebagai referensi penulisan. Banyak orang yang mengutamakan jurnal internasional. Ada cara mudah untuk bisa mendapatkan akses ke jurnal internasional gratis.

1. Google Cendekia atau Google Scholar

Jurnal Internasional Gratis

Google cendekia adalah salah satu mesin pencari akademik yang memberikan akses secara gratis. Situs ini disebut juga sebagai versi akademik google. Anda bisa dengan mudah mencari aneka jenis jurnal yang bisa download jurnal internasional gratis didalamnya.

Keuntungan menggunakan Google Scholar ini adalah tampilan antarmuka yang akrab dan nyaman. Situs ini menurunkan kurva pencarian agar lebih mudah menemukan informasi ilmiah yang dibutuhkan. Apabila dibandingkan dengan menggunakan Google biasa, terdapat perbedaan berikut.

  • Pilihan dalam menyalin kutipan yang bisa diformat dalam beberapa gaya yang berbeda. termasuk didalamnya adalah APA dan MLA.
  • Ekspor data untuk bibliografi dapat digunakan dengan perangkat lunak berupa manajemen referensi.
  • Jurnal internasional gratis ini, terdapat tautan yang memungkinkan dalam menjelajah karya-karya lain.
  • Adanya tautan yang akan memudahkan Anda dalam menemukan versi teks artikel dengan lebih mudah.

Google Cendekia memang diberikan secara gratis, namun ada sebagian konten yang tidak ada atau tidak dikeluarkan secara bebas. namun Google tetap melakukan yang terbaik untuk bisa menemukan Salinan artikel yang dibatasi.

2. Halaman Hasil Pencarian Google Cendekia

Aldo Faisal Umam

Pencarian pada Google Scholar sama mudahnya dengan pencarian pada Google. Cara download jurnal internasional yang paling mudah dan baik adalah dengan langsung mencoba masuk. Ada sedikit perbedaan, dimana hasil pencarian berbeda dan harus terbiasa dengan tampilan informasi tersebut.

Pada halaman tampilan, dua baris pertama adalah informasi tentang judul dokumen. Sedangkan pada baris kedua akan memberikan informasi tentang bibliografi dokumen yang ditulis secara urut, yaitu penulis, jurnal atau buku yang dimunculkan, tahun penerbitan, dan juga penerbit.

Dengan mengklik tautan judul tersebut, akan membawa ke halaman penerbit dimana Anda bisa mengakses informasi tentang dokumen lebih banyak lagi. Informasi ini meliputi abstrak dan tautan jurnal internasional gratis pdf.

3. Opsi Akses Teks Lengkap Cepat

Jurnal Internasional Gratis

Pada bagian paling kanan entri, terdapat opsi yang langsung untuk bisa mengakses teks dokumen secara lengkap. Cara download jurnal internasional gratis adalah ketika Google menemukan pdf yang disediakan untuk umum, Anda bisa langsung klik tautan tersebut.

4. Tautan

Aldo Faisal Umam

Pada bagian bawah cuplikan abstrak/teks, Anda mungkin bisa menemukan beberapa tautan yang cukup bermanfaat. Pada cara download jurnal internasional gratis dengan doi ini, ada dua bagian yang memberikan informasi dan peruntukan yang berbeda. Kedua bagian tersebut adalah.

a. Tautan “Dikutip”

Tautan ini akan menunjukkan artikel lainnya yang telah melakukan pengutipan atau mengutip sumber tersebut. Fitur ini sangat berguna dan bisa membantu dalam banyak hal, terutama yang berkaitan dengan jurnal gratis.

b. Kredibilitas

Tautan ini memberikan fakta bahwa ada peneliti lainnya yang mengutip dokumen dari jurnal tersebut. Artinya adalah, kredibilitas situs ini cukup bisa diperhitungkan. Namun sayangnya, kadang terjadi keterlambatan publikasi.

c. Tautan Kutipan

Yang dimaksud dengan tautan kutipan adalah versi link yang menyajikan versi lain dari artikel dimana artikel tersebut bisa Anda temukan. Beberapa link tersebut, bisa saja menawarkan akses free atau gratis pada pengguna untuk bisa mengunduh jurnal yang diinginkan.

baca juga : Cara Submit Jurnal

Kiat Mencari Literatur

Sebenarnya Google Scholar ini membatasi pencarian jurnal internasional gratis maksimum 1.000 hasil. Namun masih banyak jurnal yang bisa Anda jelajahi. Untuk itulah perlu cara efektif agar bisa menemukan artikel yang sesuai atau relevan. Berikut adalah kiat agar lebih efisien dan efektif.

  • Pencarian Google Scholar tidak peka terhadap huruf kecil maupun besar. Artinya adalah, pencarian pada “mesin pembelajaran” tetap akan menghasilkan hasil yang sama dengan pencarian pada “mesin pencarian”.
  • Gunakan kata kunci dibandingkan dengan kalimat lengkap.  Misalnya adalah Anda menentukan pilihan penelitian tentang mobil yang bisa dikendarai sendiri. Pada pencarian cukup tuliskan mobil self driving, mobil tanpa pengemudi, atau kendaraan otonom.
  • Gunakan kutipan agar bisa mencari pasangan yang tepat. Apabila memasukkan faras pencarian menggunakan kata kutip, maka Anda harus mencari frasa yang tepat dan cocok dalam teks dan judul dokumen.
  • Tambahkan tahun frasa pada pencarian agar bisa mendapatkan artikel yang dipublikasikan pada tahun tertentu. Contohnya adalah pencarian “mobil self-driving 2019”, maka akan menghasilkan semua buku dan artikel pada tahun 2019.
  • Gunakan kontrol bilah samping untuk bisa melakukan penyesuaian dalam hasil pencarian. Anda bisa menggunakan opsi pada panel bawah kiri, dan batasi hasil pencarian dengan batasan tahun atau status paten dan tidaknya.
  • Gunakan juga operator Boolean untuk lebih mudah mengontrol pencarian. Pada operator ini, mesin pencarian tidak peka terhadap huruf kecil dan besar. Namun ada beberapa operator yang bisa mengontrol pencarian dan harus dikapitalisasi.

Situs Jurnal Internasional Gratis

1. DOAJ.org

DOAJ adalah singkatan dari Directory of Open Access Journal, merupakan direktori khusus yang memiliki status open access. Layanan ini mengindeks jurnal penelitian, metadata artikel dengan kualitas tinggi, serta peer-review.

Tujuan dari adanya direktori ini adalah untuk komprehensif serta mencakup semua hal yang berhubungan dengan jurnal akademik. Akses terbuka ini menggunakan sistem kontrol dengan kualitas yang baik serta tidak terbatas bahasa. Untuk mengaksesnya cukup masuk ke halaman DOAJ.

2. Sciencedirect.com

Situs ini adalah situs yang melayani tersediannya jurnal internasional dengan sistem akses terbuka. Namun demikian, ada juga yang sifatnya berbayar. Apabila universitas telah berlangganan, maka banyak sekali jurnal yang bisa didownload dan diakses.

3. Researchgate.net

Jurnal internasional free pada situs ini termasuk dalam jaringan profesional untuk para peneliti dan ilmuwan. Terdapat lebih dari 17 juta anggota dari seluruh dunia yang berbagi, menemukan, serta mendiskusikan hasil penelitian yang dilakukan. Situs ini bersifat open akses.

4. Academia.edu

Website jurnal internasional gratis ini mungkin sudah tidak asing di kalangan dosen dan juga peneliti. Pada umumnya situs ini lebih banyak dikenal dengan nama jejaring sosial pada akademisi. Di situs ini, para akademisi ini akan saling berbagi hasil penelitiannya.

Sebelum Anda bisa mengakses situs ini, perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan membuat akun. Bisa juga dengan mensinkronkan akun Facebook atau Google Anda. setelah memiliki akun, silahkan unduh jurnal yang dibutuhkan secara gratis.

Akhir Kata

Jurnal internasional gratis ini menjadi penyelamat bagi para peneliti maupun akademisi dalam rangka mendapatkan jurnal yang gratis dan terpercaya. Sebenarnya masih banyak sekali web jurnal internasional gratis yang bisa digunakan. selain versi free juga terdapat versi berbayar.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal