Jurnal Ilmiah

9 Likes 1 Comment
jurnal ilmiah

Selamat datang bagi para pembaca, semoga ini adalah artikel yang sedang Anda cari tentang Jurnal Ilmiah. Saya berupaya menyajikan isi konten pembasahan jurnal ilmiah dengan sangat lengkap, semoga Anda terbantu dengan konten ini.

Secara umum Anda pasti mengenali istilah jurnal nasional dan jurnal internasional. Iya itu masih sangat umum, karena dalam dua jenis jurnal tersebut masih banyak istilah lainnya.

Melalui konten ini, Anda akan mengetahui informasi terkait jurnal ilmiah mulai dari pengertiannya, jenis jurnal, sistematika penulisan jurnal, dan macam-macam jurnal.

Tidak hanya itu, Anda pun akan tahu tentang cara menulis jurnal. Kemudian tahu perbedaan jurnal nasional dan internasionla, hingga cara mempublikasikan jurnal baik yang berbayar maupun yang gratis.

Jika kamu mahasiswa, dosen, pelajar maupun dari kalangan peneliti pemula informasi ini sangat relevan untuk Anda baca.

Saya rasa cukup dengan prolognya, mari simak baik – baik artikel berikut ini dan baca sampai tuntas.

Pengertian Jurnal Ilmiah

Sebelum masuk ke pengertian pahami dulu ada dua jenis penggunaan istilah jurnal. Yaitu jurnal dalam ilmu akuntansi dan jurnal dalam kepenulisan ilmiah.

Nah, yang kita bahas dalam hal ini adalah jurnal dalam konsep karya tulis.

Menurut wikipedia menyebutkan bahwa jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan karya tulis akademik yang umumnya berupa laporan hasil penelitian dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan sesuai bidang ilmunya.

Jurnal dalam istilah asing disebut sebagai scientific journal atau academic journal. Yang merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan dan dipublikasikan secara reguler dan konsisten (terbitan berkala) dengan tujuan mendiseminasikan hasil penelitian.

Sebagai sebuah karya tulis dalam bentuk kumpulan artikel, jurnal harus memiliki bidang ilmu yang meluas maupun spesifik. Dalam suatu disiplin ilmu maupun sub disiplin ilmu.

Sebagai contoh ada jurnal dalam jurnal rumpun ilmu pendidikan misal, Jurnal Pendidikan Indonesia. Dan ada jurnal dengan rumpun ilmu yang lebih spesifik, seperti Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Untuk menggambarkan perbedaannya liat gambar berikut ini:

Jurnal Pendidikan Indonesia (scope rumpun ilmu pendidikan yang meluas)

Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Scope jurnal pendidikan yang spesifik)

Jurnal Ilmiah

Selain itu jurnal ilmiah sebagai terbitan berkala harus memiliki periode publikasi sesuai dengan aturan yang ada pada PDII LIPI, yaitu mulai dari terbit 1 bulanan, 2 bulanan, 4 bulanan, 6 bualan dan lain sebagainya.

Ingat, jurnal wajib terdaftar di LIPI dan memiliki nomor ISSN (Internasional Standar Serial Number).

Contoh Jurnal Ilmiah

Supaya memudahkan pembaca untuk mengetahui contoh karya ilmiah dalam bentuk jurnal maka berikut ini akan saya berikan contoh. Contoh pertama adalah publikasi jurnal dan contoh kedua adalah artikel jurnal.

1. Contoh Jurnal

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam pengertianjurnal bahwa jurnal merupakan kumpulan artikel ilmiah dalam suatu rumpun ilmu yang spesifik maupun meluas. Berikut ini contoh jurnal dalam bidang ilmu sosial dann sains.

Jurnal tersedia dalam publikasi tercetak maupun online, Link Homepage Matrik Jurnal Sosial Sains

jurnal sosial sains

2. Contoh Naskah Jurnal

Contoh selanjutnya adalah artikel dalam jurnal atau biasa disebut juga dengan naskah dan manuskrip. Anda bisa tahu secara lebih jelas dengan melibat gambar berikut ini. Selain itu file jurnal dalam bentuk PDF juga bisa Anda akses pada Link berikut: Download Jurnal PDF.

contoh jurnal ilmiah

Perbedanaan Jurnal Nasional dan Internasional

Secara globa dalam dunia jurnal terdapat 2 kategori utama yakni jurnal nasional dan jurnal internasional. Bagian ini akan saya jelaskan singkat tentang perbedaan keduanya.

Untuk informasi, tidak semua jurnal berbahasa inggris atau berbahasa internasional disebut sebagai Jurnal Internasional. Walaupun baru memenuhi 1 kriterianya yaitu bahasa.

Namun, ada banyak syarat lainnya untuk sebuah jurnal dapat menjadi jurnal internasional, simak perbedaannya berikut ini.

1. Jurnal Nasional

Dalam konteks kita di Indonesia jurnal nasional tentu adalah jurnal yang berasal dari penerbit didalam negeri dengan menggunakan bahasa utama adalah Indonesia dan sebagian kecil bahasa asing.

Selain itu dominasi bahkan keseluruhan penulis berasal dari dalam negeri. Untuk lebih jelas bisa liat sejumlah ciri – ciri dan kriteria jurnal nasional berikut ini:

  • Merupakan terbitan berkala yang memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
  • Mempunyai ISSN atau (International Standard Serial Number) yang terdaftar pada PDII LIPI.
  • Penulisan dengan bahasa nasional setiap negara yang dalam hal ini bahasa Indonesia, hanya sebagian kecil yang berbahasa asing (inggris).
  • Editorial atau dewan redaksi berasal dari dalam negeri semuanya.
  • Penulis dalam setiap terbitannya juga berasal dari dalam negeri seluruhnya.
  • Memiliki terbitan versi cetak maupun online dalam OJS.
  • Selanjutnya untuk jurnal nasional memiliki reputasi dan indexing tingkat rendah sampai menengah. Misalnya hanya terindex Google Scholar, Index Garuda, atau Index Sinta dan neliti.

2. Jurnal Internasional

Sedangkan untuk jurnal internasional, jelas ini merupakan jurnal dengan cakupan wilayah seluruh dunia. Dengan bahasa utama adalah bahasa asing dengan dominkasi bahasa Inggris dan sejumlah bahasa PBB seperti tiongkok, arab, rusia dan lainya.

Untuk tahu lebih jelas berikut ini sejumlah ciri – ciri dan karakteristik jurnal internasional.

  • Karya ilmiah yang memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
  • Memiliki ISSN (International Standard Serial Number).
  • Ditulis dengan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok.
  • Memiliki terbitan versi online atau diterbitkan dalam OJS
  • Dewan redaksi yang tercantum merupakan pakar dibidangnya yang berasal dari 4 negara.
  • Terbitan pada setiap nomornya melibatkan author atau penulis berasal dari 4 negara
  • Terindex oleh database internasiomal bereputasi seperti Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search atau lainnya sesuai pertimbangan tim pakar dikti.

Jenis Jenis Jurnal

Pada bagian sebelumnya sudah dibahas tentang jurnal nasional dan jurnal internasional serta perbedaannya. Maka berikut ini kita akan ketahui tentang jenis jurnal yang terdiri dari jurnal nasional dan internasional.

Sebagai informasi, kamu perlu tahu terlebih dulu tentang jenis – jenis jurnal sebelum mengirimkan naskah penerbit. Ada sejumlah jenis jurnal seperti berikut:

1. Jurnal Nasional Biasa

Untuk jurnal ilmiah yang terbit dalam skala nasional yang cukup ditandain dengan ISSN dari LIPI disebut sebagai jurnal nasional. Jurnal nasional ini hanya terindex google scholar ataupun garuda dan belum terakreditasi di SINTA. Jurnal ini tetap aman untuk dijadikan tempat publikasi jurnal.

2. Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA)

Jurnal sinta Merupakan jurnal nasional yang telah terakreditasi oleh Ristekbrin / Dikti melalui Portal Arjuna http://arjuna.ristekbrin.go.id/. Jika sebuah jurnal berhasil lolos akreditasi melalui Arjuna DIKTI maka akan mendapatkan predikat SINTA. Yakni dari sinta 1 sampai dengan sinta 6.

Baca informasi lebih lengkap saol jurnal sinta pada tautan ini: Jurnal Sinta

3. Jurnal Internasional Biasa

Untuk jurnal internasional biasa ini adalah jurnal internasional yang belum bereputasi. Dalam hal ini adalah jurnal dengan indexing rendah seperti hanya Google Scholar dan belum terindex Scopus.

Jurnal ini tetap dikatakan jurnal internasional, tanpa menghilangkan statusnya sebagai jurnal dengan jangakuan internasional.

4. Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal internasional yang bereputasi adalah jurnal internasional yang terindex oleh lembaga indexing dengan reputasi terbaik, atau dengan kata lain juga yang diakui oleh DIKTI.

Sepertihalnyan jurnal internasional yang terindex Scopus, Thomson Reuters, dan Web of Science. Maka inilah mengapa tidak semua jurnal internasional bisa dikatakan bereputasi.

Macam Macam Jurnal Ilmiah

Terdapat banyak macam jurnal ilmiah yang beredar saat ini dalam dunia akademik. Sejalan dengan jenis jurnal yang disebutkan pada poin sebelumnya. Didalamnya terdapat bermacam – macam bidang ilmu atau scope dari setiap penerbit jurnal.

Setiap Anda ingin mengirimkan naskah atau artikel untuk Anda berikan kepada penerbit jurnal. Pastikan jurnal yang dikelola relevan dengan bidang ilmu pada naskah Anda. Atau memiliki scope dalam rumpun ilmu yang sejenis.

Misalnya, jika bidang ilmu Anda adalah manajemen maka paling bagus menjadi jurnal manajemen. Jika tidak ada masih bisa masuk dalam jurnal Ekonomi. Apabila masih belum ada juga maka bisa masuk jurnal dengan bidang sosial.

Seperti contoh dalam tabel berikut ini:

NoBidang Ilmu SpesifikBidang Ilmu
1Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, FarmasiKesehatan
2Marketing, AkuntansiEkonomi
3Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik InformatikaTeknik
4Pendidikan Bahasa, Pendidikan MatematikaPendidikan
5Sastra, Sejarah, PsikologiSosial

Tabel ini hanya sedikit contoh pengkategorian rumpun ilmu jurnal, apabila Anda kesulitan menemukan bidang yang spesifik.

Nah, berikut ini terdapat 38 macam kategori bidang ilmu jurnal yang terdaftar dan mendapat pengajuan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

  1. Umum
  2. Agama
  3. Bahasa
  4. Biologi
  5. Budaya
  6. Ekonomi
  7. Farmasi
  8. Fisika
  9. Geologi
  10. Hukum
  11. Informatika
  12. Instrumentasi
  13. Kedokteran
  14. Kelautan
  15. Kesehatan
  16. Kehutanan
  17. Kimia
  18. Komunikasi
  19. Manajemen
  20. Matematika
  21. Militer
  22. Pariwisata
  23. Pemasaran
  24. Pemerintahan
  25. Pendidikan
  26. Perairan
  27. Perikanan
  28. Pertanian
  29. Peternakan
  30. Politik
  31. Psikologi
  32. Sastra
  33. Sejarah
  34. Seni
  35. Sosial
  36. Statistika
  37. Teknik
  38. Transportasi

Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Bagaimana cara membuat jurnal ilmiah? Caranya dengan cara melakukan penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, baik studi lapangan maupun studi pustaka. Hasil penelitian tersebut bisa kamu susun kedalam format penulisan jurnal.

Format atau template penulisan jurnal tersebut biasanya disediapan oleh setiap publisher jurnal. Jadi kita tinggal mengikutinya saja.

Nah, secara umum susunan atau sistematika dalam pembuatan jurnal ilmiah adalah sebagai berikut:

  1. Judul
  2. Nama
  3. Abstrak
  4. Pendahuluan
  5. Metode Penelitian
  6. Pembahasan
  7. Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka

Untuk point kedepalan tentang daftar pustaka, kamu bisa belajar cara membuat daftar pustaka dengan benar sesuai aturan. Salah satunya menggunakan mendeley.

Sedangkan susunan utama dalam penyusunan jurnal atau membuat jurnal adalah dengan mengikuti sistematika dengan konsep IMRAD. Apakah itu, berikut ini urutannya.

  1. Introduction, istilah yang sama dengan pendahuluan
  2. Method, berisi metode penelitian
  3. Result, hasil dan pembahasan penelitian
  4. Discussion, kesimpulan hasil penelitian

Cara Publikasi Jurnal Ilmiah

Setelah kamu memiliki jurnal, lalu bagaimana cara publikasi jurnalnya? Nah, pertama pastikan bahwa naskahmu aman dari plagiasi.

Kemudian cari jurnal dengan bidang ilmu yang relevan dengan naskah tersebut atau scope keilmuannya relevan. Lakukan proses submit jurnal ke penerbit melalui OJS. Ikuti proses nya sampai kamu menerima LOA (Letter of Acceptance) dan mendapatkan informasi tentang kapan publikasinya. Tinggal kamu tunggu sampai artikelnya terbit.

Untuk lebih banyak tentang cara publikasi jurnal, kamu bisa baca artikel lainnya: Cara Publikasi Jurnal Cepat dan Gratis. Bagi kamu yang mau publikasi jurnal tapi ga mau ribet, silahkan konsultasi dengan kami.

Klik untuk Konsultasi Publikasi Jurnal

Situs Referensi Jurnal Ilmiah

Untuk menemukan jurnal dan mencari jurnal sebagai referensi secara online kita harus berkunjung ke situs – situs atau website penyedia jurnal. Jadi tidak harus langsung ke OJS nya secara langsung.

jurnal ilmiah garuda

Berikut ini sejumlah situs referensi jurnal internasional dan nasional yang bisa kamu akses untuk mendapatkan jurnal ilmiah online:

  1. Sinta Dikti, Klik URL: https://sinta.ristekbrin.go.id/
  2. Garuda Dikti, Klik Link: https://garuda.ristekbrin.go.id/
  3. Science Direct, Klik URL: https://www.sciencedirect.com/
  4. Pubmed, Klik Link: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/
  5. Ebsco, Klik Link: https://www.ebsco.com/
  6. Proquest, Klik URL: https://www.proquest.com/
  7. DOAJ, Klik Link: https://doaj.org/
  8. Moraref, Klik URL: https://moraref.kemenag.go.id/
  9. Google Scholar, Klik Tautan: https://scholar.google.com/
  10. Microsoft Academic, Klik Link: https://academic.microsoft.com/journals
  11. ISJD LIPI, Klik tautan: http://isjd.pdii.lipi.go.id/
  12. Neliti, Klik URL: https://www.neliti.com/id/

Jika kamu sedang mencari jurnal ilmiah untuk mendownloadnya melalui situs – situs tersebut namun mengalami kesulitan. Dengan kata lain tidak bisa di download. Maka itu bisa jadi karena kamu menemukan jurnal yang tidak open access.

Maka untuk tahu cara download jurnal nasional dan internasional dengan mudah untuk jurnal manapun bisa kamu lihat caranya pada artikel berikut: Cara Download Jurnal Internasioal.

Manfaat Publikasi Jurnal Ilmiah

Setelah Anda tahu lebih banyak soal jurnal, sekarang coba Saya uraikan singkat tentang manfaat dari proses publikasi jurnal ilmiah.

Pertama, Bagi peneliti atau dosen, jurnal menjadi tempat untuk melakukan diseminasi karya hasil penelitian yang mereka lakukan. Dengan publikasi maka karya mereka bisa diakses secara lebih luas dengan jangkauan seluruh dunia. Sebagai bentuk penyebarluasan ilmu pengetahuan.

Kedua, Bagi pendidik (dosen dan guru) publikasi atau penerbitkan jurnal menjadi tempat untuk menunaikan kewajiban mereka terkait dengan kepangkatan dan sertifikasi.

Ketiga, Bagi mahasiswa sebagai sarana untuk mendiseminasikan tugas karya ilmiah maupun publikasi tugas akhir baik skripsi, tesis maupun disertasi.

Keempat, Bagi institusi penerbit (bisa kampus atau non kampus) bermanfaat untuk menjadi tempat publikasi bagi dosen dan mahasiswa secara internal.

Publikasi Jurnal Ilmiah yang Gratis

Kamu bisa mendapatkan tempat untuk menerbitkan jurnal tanpa biaya alias gratis, namun tidak bisa sembarang jurnal bisa terbit gratis.

Ada sejumlah cara untuk menemukan jurnal dengan biaya publikasi yang gratis, sebagai berikut:

1. Publikasi di Kampus Sendiri

Jika kamu adalah dosen atau mahasiswa yang berada dalam salah satu kampus atau perguruan tinggi. Biasanya bisa menerbitkan jurnal secara gratis, karena di kampus sendiri. Dengan catatan kampus tersebut memiliki jurnal ilmiah.

Kamu bisa langsung menghubungi lembaga penelitian dan pengabdian yang biasanya mengelola jurnal kampus. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan publikasi secara gratis.

2. Ikut dalam Asosiasi

Banyak asosiasi yang bergerak dalam bidang akademis maupun non akademis, baik asosiasi profesi, keilmuan maupun kelembagaan.

Misalnya Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM) dan asosiasi lainnya yang bisa kamu masuk kedalamnya. Ada banyak anggota yang terdapat di asosiasi tersebut yang seringkali menawarkan Call For Paper atau mengundang untuk publikasi.

Nah, pada waktu – waktu tertentu kamu bisa ikut menerbitkan naskah dalam jurnal – jurnal yang sering ditawarkan oleh anggota asosiasi secara gratis.

3. Join Grup Telegram

Salah satu manfaat dari media sosial bisa kamu rasakan dengan ikut grup telegram, bisa masuk group dosen seluruh indonesia, Dalam grup tersebut selalu muncul tawaran dan undangan untuk menerbitkan jurnal, conference maupun seminar. Salah satu manfaatnya adalah kamu bisa publikasi secara gartis.

4. Submit Sendiri Via OJS

Cara ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari jurnal secara online dan melihat biaya publikasinya dan pastikan dulu gratis. Setelah itu kamu bisa lakukan submit sendiri via online di OJS (Online Journal System).

5. Kenal Langsung dengan Pengelola Jurnal

Nah, ini bisa jadi cara yang paling ampuh, kenal dengan internal pengelola jurnal ilmiah maka kamu bisa dapat biaya publikasi secara gratis. Tapi tetap ya itupun jika kenalan kamu mau memberikannya secara gratis.

Tempat Publikasi Jurnal Ilmiah Cepat Terbit

Informasi tempat publikasi jurnal yang cepat terbit menjadi info yang banyak orang butuhkan termasuk oleh mahasiswa dan dosen serta peneliti belakangan ini.

Namun, persoalannya adalah mana tempat publikasi yang cepat terbit?

Karena dominan Jurnal Ilmiah yang beredar saat ini terbitnya rata – rata setiap 6 bulan sekali, paling cepat pun 4 bulan bulan sekali. Nah, bagaimana jika butuh cepat bahkan ingin terbit bulan ini?

Saya menawarkan solusinya. Kami memiliki informasi untuk jurnal – jurnal dengan berbagai bidang ilmu yang terbit cepat dan jurnal terbit bulanan. Jadi bagi kamu yang butuh mendesak bisa jadi solusi.

Kontak penerbit jurnal yang cepat publish:

Kontak Informasi Penerbit Jurnal

Penutup

Artikel ini telah cukup lengkap memberikan ulasan dan pembahasan tentang jurnal ilmiah. Mulai dari pengertian jurnal ilmiah, jenis – jenis jurnal, macam – macam jurnal, perbedaan jurnal nasional dan internasional sampai cara publikasi jurnal.

Bagi kamu yang membutuhkan informasi tentang jurnal lebih dalam, ikuti terus artikel – artikel menarik dari edukasiana.net. Dan untuk kamu yang membutuhkan tempat publikasi jurnal yang cepat terbit bisa klik link berikut ini:

Saya Mau Publish Jurnal

FAQ Jurnal Ilmiah

Tanya jawab tentang jurnal ilmiah

Apa itu jurnal ilmiah?

Jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan karya tulis akademik yang umumnya berupa laporan hasil penelitian dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan sesuai bidang ilmunya.

Jurnal Nasional Adalah

Merupakan Jurnal dengan bahasa nasional negara terntentu, penulis maupun reviewer dalam satu negara.

Jurnal Internasional Adalah

Jurnal dengan bahasa internasional PBB (inggris, arab, prancis, rusia, tiongkok) dengan penulis dan reviewer lebih dari 4 negara.

Apa yang dimaksud jurnal sinta?

Jurnal ilmiah yang telah terakreditasi oleh dikti melalui Arjuna dan memperoleh peringkat akreditasi sinta 1 sampai 6

Apa itu jurnal terakreditasi?

Merupakan jurnal yang telah memiliki peringkat sinta dari 1 sampe 6

Berapa lama jurnal terbit?

Ada periode terbitannya mulai dari 6 bulanan, 4 bulanan, 3 bulanan, 2 bulanan bahkan ada juga yang 1 bulanan

Dimana tempat publikasi jurnal yang cepat?

Kamu bisa hubungi kontak kami pada tombol dalam artikel diatas untuk dapat jurnal yang terbit bulanan

Berapa biaya publikasi jurnal?

Kamu bisa melihatnya pada menu author fees atau publication fee pada setiap web jurnal

Bagaimana cara publikasi jurnal?

Terpenting adalah sudah punya naskah, kemudian cari jurnal dengan bidang ilmu yang relevan dengan naskah tersebut, lakukan submit dan tunggu sampai diterima

Apa saja jenis-jenis jurnal?

Ada jurnal nasional biasa, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi

You might like

About the Author: Abdurokhim

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *