Judul Buku Fiksi

14 Likes Comment
judul buku fiksi

Karya fiksi memang mendapat tempat istimewa di hati para pembaca karya sastra. Beberapa judul buku fiksi bahkan sudah melegenda sebagai judul buku terbaik sepanjang masa.

Isinya yang beragam, tidak terduga dan penuh akan imajinasi membuat pembacanya mudah terjun ke dalam alur cerita.

Buku fiksi adalah adalah karya imajinatif karenanya buku jenis ini memiliki daya tarik tersendiri. Buku fiksi banyak mengilhami penulis lainnya untuk memproduksi karya yang lebih menarik.

Tidak hanya membeli buku jenis fiksi favorit Anda juga bisa mulai menggarap cerita fiksi sendiri.

Link Terkait: Judul – Judul Buku Non Fiksi

Judul Buku Fiksi Paling Populer Beserta Penulisnya

Buku fiksi sudah banyak di produksi di pasaran buku. Anda yang baru menyukai buku fiksi tentunya akan sedikit kebingungan untuk memilih judul buku fiksi. Pasalnya banyak buku fiksi baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah popular dan melegenda. Berikut buku fiksi dan penulisnya:

1. Buku Fiksi dalam Negeri:

Buku fiksi karangan penulis era revolusi Pramudya Ananta Toer hingga penulis aktif kontemporer Eka Kurniawan menyuguhkan banyak pilihan judul buku yang menarik. Beberapa penulis lainnya juga menyumbangkan karya yang tidak kalah popular. Berikut judul bukunya:

  • Laskar Pelangi (Andrea Hirata)
  • Sang Pemimpi (Andrea Hirata)
  • Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer)
  • Pulang (Tere Liye)
  • Pergi (Tere Liye)
  • Supernova: 6 Sequel (Dee Lestari)
  • Aruna dan Lidahnya (Laksmi Pamuntjak)
  • Amba (Laksmi Pamuntjak)
  • Kala (Stefani Bella dan Syahid Muhammad)
  • Garis Waktu (Fiersa Besari)
  • Dilan (Pidi Baiq)
  • 5 CM (Donny Dhirgantoro)
  • Cantik itu Luka (Eka Kurniawan)
  • Lelaki Harimau (Eka Kurnawan)
  • Negeri 5 Menara (Ahmad Fuadi)

2. Buku Fiksi Luar Negeri:

Buku fiksi dari luar negeri sering disebut sebagai salah satu sumber pengembangan karya sastra di Indonesia. Terlebih pada tulisan fiksi berbahasa inggris yang banyak diangkat ke ranah visual. Berikut kumpulan judul buku fiksi terpopuler dari luar negeri:

  • Novel seris Harry Potter  (J.K Rowling)
  • The Jungle Book (Rudyard Kipling)
  • The Lion King: Six New Adventure (Leslie McGuire, Page McBrier, Joanne Barkan, Judy Katschke, and Alex Simmons)
  • My Name is Red (Orhan Pamuk)
  • Ready Player One (Ernest Cline)
  • Nineteen Eighty-Four (1984) (George Orwell)
  • Frankenstein (Mary Shalley)
  • Doctor Dolittle (Hugh Lofting)
  • The Hunger Games (Suzanne Collins)
  • Percy Jackson the Series (Rick Riodan)
  • Life of Pi (Yann Martel)
  • Don Quixote, (Miguel de Cervantes)

Cara Membuat Judul Buku Fiksi yang Menarik

Tertarik untuk membuat buku fiksi sendiri? Bila iya Anda harus sudah mulai memikirkan apa judul terbaik yang akan disematkan di halaman depan karya nantinya. Ada kiat khusus yang bisa dilakukan untuk membuat judul buku fiksi yang menarik. Berikut caranya:

1. Judul yang Unik dan Berbeda yang Lain

Cara pertama terapkan judul buku yang unik dan berbeda dengan karya fiksi pada biasanya. Judul unik bisa menggunakan frasa tertentu, kata yang jarang di dengar hingga susunan kata yang unik. Semua bisa dicoba namun perlu diingat, perhatikan apakah judul bisa berterima di pembacanya.

2. Menandakan Suatu Ciri Khas Dalam Novel

Perlu diingat judul juga menjadi garis besar dalam sebuah karya. Jadi buatlah judul yang mewakili ciri khas suatu objek atau subjek dalam novel. Penghadiran kata sifat bisa dilakukan dalam pembuatan judul dengan metode ini.

3. Buat Judul yang Aktif dan Bertenaga

Judul buku fiksi yang aktif dan bertenaga bisa dibuat sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian pembaca. Judul juga bisa memberikan energi bagi pembacanya. Percaya atau tidak pemilihan kata pada judul akan mempengaruhi mindset pembacanya.

4. Pertimbangkan Genre Judul Buku Novel Anda

Pertimbangkan juga genre apa yang akan digunakan pada judul buku novel Anda. Judul plain tanpa genre sebenarnya bisa dipilih namun akan terlihat kurang menarik. Selipkan kata yang mewaliki genre searah dengan isi buku novel Anda.

5. Membuat Judul Buku dengan Mengambil Statemen Tokoh

Anda yang bingung menentukan judul bisa membuat judul dari statemen tokoh. Justru cara ini terbilang efektif untuk membuat judul buku fiksi yang menarik. Ambillah statemen yang paling berkesan dan tidak terlalu panjang.

6. Buat Judul Singkat Padat & Jelas

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan judul adalah efisiensi kata. Semakin pajang judulnya maka semakin malas pembaca membacanya. Buatlah judul yang singkat, padat, jelas dan mewakili isi bacaan. Judul yang padat lebih nyaman dibaca.

7. Membuat Judul Di Bagian Akhir

Pernah mendengar pembuatan judul di saat terakhir? Bila iya Anda bisa mencoba cara ini. Tidak perlu memaksakan membuat judul di awal proses penulisan. Nantinya judul bisa disematkan dan disempurnakan setelah proses penulisan selesai.

8. Judul Buku Novel yang Provokatif

Judul buku fiksi Indonesia yang provokatif terlebih pada karya bergenre historikal, misteri atau pembunuhan bisa di gunakan. Selain menarik, judul provokatif juga bisa meningkatkan nilai kesan pembaca. Judul provokatif juga bukan tidak mungkin digunakan genre lain.

9. Buat Judul Buku yang Bombastis

Tidak masalah juga bagi Anda untuk membuat judul yang bombastis. Judul yang kekinian dengan sense baik bisa meningkatkan daya tarik buku. Terlebih judul tersebut bisa dikembangkan menjadi judul sekuel novel Andaa yang selanjutnya.

10. Buat Judul Buku yang Menandakan Inti Cerita

Membuat judul buku fiksi dengan memberi sedikit clue pembaca juga bisa Anda lakukan. Pakailah kata yang bisa mewakili inti cerita. Tidak perlu keseluruhan Anda bisa memakai satu kosa kata inti dan sisanya kata pendukung.

11. Buat Judul dengan Intrik atau Rasa Ingin Tahu

Bisa juga membuat judul menarik lewat kalimat yang mengajak pembacanya berpikir. Tidak perlu secara spontan menggunakan tanda tanya, Anda bisa mengangkat objek dengan pengandaian di dalamnya. Seperti pada judul “Andai Puan Tak Perawan” yang menarik rasa penasaran pembacanya.

12. Mengambil Kalimat Paling Menarik

Ambillah kata yang bisa bagus untuk membuat judul buku fiksi yang menarik perhatian pembaca. Judul harus bisa menarik perhatian pembacanya bahkan saat pertama kali melihatnya. Jangan gunakan struktur kalimat yang monoton dan terlalu baku.

13. Buat Judul yang Dekat Dalam Keseharian

Terakhir, coba buat judul buku yang lekat dengan keseharian. Caranya dengan mengambil kata kerja maupun objek keseharian yang lekat dengan isi buku. Ini perlu untuk memberikan kesan dekat terhadap pembacanya bahkan saat pertama kali membaca judul fiksi Anda.

Akhir Kata

Buku fiksi dengan daya tariknya berhasil membuat tempat tersendiri di hati penghobi baca. Tidak hanya asyik untuk dikaji ternyata banyak judul buku fiksi yang berperan sebagai pemberi ilham untuk membuat karya fiksi lainnya. Jangan lupa untuk memakai cara di atas dalam pembuatan karya fiksi perdana Anda.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal