Jenis jenis Buku Fiksi

10 Likes Comment
jenis buku fiksi

Kata ‘fiksi’ mungkin sudah tidak asing lagi terlebih pada ranah sastra. Bila Anda pernah menonton film bergenre fiksi maka akan serupa jalan ceritanya dengan jenis buku fiksi.

Genre fiksi banyak diminati oleh pembaca karena sering kali menghadirkan plot cerita yang tidak biasa. Apakah termasuk kamu juga peminat buku fiksi?

Begitu pula dengan penulis, jenis buku ini diminati karena akar cerita bisa bersumber dari ide imajinatif yang sangat luas.

Cara pembuatannya juga lebih mudah karena tidak menuntut studi lapangan dengan hasil yang harus dipertanggung jawabkan. Berikut pengertian, contoh dan jenis buku fiksi.

Artikel Menarik: Ciri – Ciri Buku Non Fiksi

Pengertian Buku Fiksi

Buku fiksi adalah tulis imajinatif baik dalam halaman tipis maupun tebal. Ide penggambaran berdasarkan imajinasi, dikemas dengan pemikiran kreatif dan tidak perlu menjiplak realita. Terlebih karya fiksi tidak perlu dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Karenanya jenis buku fiksi tidak memerlukan proses pengamatan yang ribet layaknya karya ilmiah atau non fiksi. Dalam segi pemasaran juga jenis fiksi lebih banyak diminati karena isinya yang ringan juga beragam.

Bercermin pada buku non fiksi, maka perbedaannya akan jelas. Dimana buku non fiksi lebih banyak mengandung fakta seperti halnya biografi. Biografi termasuk ke dalam jenis buku non fiksi karena mengandung fakta hidup seseorang.

Jenis Jenis Buku Fiksi

Salah satu jenis buku fiksi contohnya adalah novel. Buku ini terbilang sebagai salah satu buku yang paling banyak beredar di basar bacaan. Termasuk novel, berikut jenis buku lain yang ternyata termasuk dalam jenis buku fiksi.

1. Cerpen

Cerita pendek adalah karya tulis dengan satu alur masalah dan bisa dibaca sekali duduk. Cerpen juga tidak memerlukan banyak bab seperti buku novel. Kumpulan cerpen termasuk buku fiksi kecuali bila isinya dibentuk berdasar fakta dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Novel

Novel menjadi karya yang paling banyak dibuat dan memiliki cerita yang kompleks. Satu kesatuan buku novel terdiri dari beberapa bagian bab dengan inti konflik yang berbeda beda dan bisa jadi mengacu pada tokoh yang berbeda pula.

3. Komik

jenis buku fiksi

Jenis buku fiksi bergambar bisa ditemukan pada komik. Pasalnya komik lebih banyak menghadirkan gambar ketimbang narasi setiap tokohnya. Dari gambar pembacanya bisa mengikuti alur cerita dengan mudah. Karenanya karya fiksi ini banyak diminati bagi mereka yang malas membaca.

4. Buku Fiksi Kumpulan Dongeng

Buku kumpulan dongeng juga termasuk dalam karya fiksi contohnya legenda, mitos, fabel dan hikayat dongeng cerita rakyat termasuk fiksi karena tidak bersangkut pada fakta atau kebenaran apa pun.

5. Cergam

Cergam atau cerita bergambar merupakan buku fiksi yang ditulis dengan menghadirkan ilustrasi di dalamnya. Ilustrasi gambar ditujukan untuk memberi kejelasan akan narasi yang disajikan. Tidak jarang buku cerita bergambar diberi warna dan font unik agar lebih menarik dibaca.

6. Roman

Roman adalah cerita fiksi yang mengisahkan perjalanan hidup seseorang mulai dari kecil hingga dewasa. Di dalamnya melibatkan konflik batin dan membuat jenis cerita ini mendekati drama. Konflik batin pemeran utama akan terhubung dengan pemeran lainnya.

7. Puisi

Puisi juga termasuk dalam karya fiksi dengan karakteristik tertentu. Karya puisi merupakan tuangan ide yang dituliskan dalam bentuk kata-kata. Puisi mengandung gaya bahasa, rima, irama dan bait tertentu.

8. Dongeng

Terakhir, dongeng atau biasa disebut juga dengan fairy tale adalah bentuk karya fiksi turun temurun. Keberadaan dongeng tidak bisa diketahui asal mulanya karena tercipta dan tersebar dari mulut ke mulut. Jenis dongeng apapun termasuk dalam karya fiksi karena imajinatif dan fiktif.

16 Contoh Novel Fiksi

Buku-buku bergenre fiksi telah banyak beredar di pasaran. Sebagian besar lainnya dijadikan rujukan untuk membuat karya baru yang lebih sempurna. Berikut novel yang termasuk dalam jenis karya fiksi dari dalam dan luar negeri.

1. Harry Potter and the Philosopher’s Stone

jenis buku fiksi

Harry Potter and the Philosopher’s Stone jadi seri pertama dalam novel legendaris Harry Potter. Karya tulis fiksi yang dibuat oleh J.K Rowling ini pertama kali diterbitkan pada 2 Juni 1997 dan terus mengalami percetakan ulang hingga tahun 2014.

2. Ready Player One

Buku novel fiksi sains ini pertama dipublikasi pada tahun 2011 dan dibuat sequel ke duanya pada tahun 2020. Novel buatan Ernest Cline menceritakan tentang perjalanan seorang pria yang hidup di tahun 2045 dengan misi mencari barang berharga lewat game virtual.

3. Nineteen Eighty-Four (1984)

Novel fiksi ini dibuat dengan seting 10 tahun ke depan dari tahun pembuatannya. Ditulis oleh Gorge Orwell pada tahun 1974 novel ini banyak diminati karena dimensi setingnya yang unik kala itu.

4. Shopie’s World

jenis buku fiksi

Novel fiksi karya Jostein Gaarder ini banyak diminati karena memberikan pembelajaran filsafat secara tidak langsung. Diterbitkan pada tahun 1991, novel ini banyak mengalami pencetakan ulang dan penyempurnaan.

5. The Da Vinci Code

Novel yang ditulis oleh Dan Brown ini mengisahkan petualangan seorang Sophie yang mencari arti dari teka teki peninggalan kakeknya yang mengandung rahasia dunia juga rahasia sekte terkuat.

6. Frankenstein

jenis buku fiksi

Frankenstein yang cenderung menyeramkan. Dalam terbitan novel pertamanya pada tahun 1818, Mary Shelley menggambarkan Frankentein adalah sesosok mayat yang dihidupkan dengan listrik.

7. My Name is Red

My Name is Red adalah buku novel fiksi yang ditulis oleh Orhan Pamuk. Novel ini bercerita tentang mayat pria yang kembali menceritakan kisahnya untuk mencari tahu siapa pembunuhnya.

8. Kisah-Kisah Perjalanan Dokter Doolittle (The Voyage of Doctor Dolittle)

jenis buku fiksi

Kisah-Kisah Perjalanan Dokter Doolittle adalah novel terjemahan dari The Voyage of Doctor Dolittle yang ditulis dalam bahasa inggris oleh Hugh Lofting. Novel tulisan pertama Lofting dipublikasi pada tahun 1922.

9. Intelegensi Embun Pagi (Sequel ke 6: Supernova)

Supernova merupakan novel fiksi karya Dee Lestari dengan jumlah sequel sebanyak 6 buah. Karya penutup sequel ini memiliki jumlah halaman hingga 710.

10. Pulang

jenis buku fiksi

Pulang merupakan buku novel fiksi karya Tere Liye yang diterbitkan pada tahun 2015. Berjumlah 400 halaman. Sosok Bujang menjadi tokoh ikonis di dalamnya.

11. Pergi

Novel Pergi merupakan sequel ke 2 dari novel Pulang dan diluncurkan tahun 2018, 3 tahun setelah sequel pertamanya. Dengan jumlah 455 halaman, novel ini bercerita tentang Bujang yang kini hendak menemukan tujuan hidupnya.

12. Bumi Manusia

jenis buku fiksi

Bumi Manusia terkenal akan isi novelnya yang kontroversial. Novel besutan Pramoedya Ananta Toer pertama kali dipublikasi tahun 1980. Dibuat dengan jumlah 533 halaman bercerita tentang Mingke, pribumi yang mencintai seorang Belanda

13. Laskar Pelangi

Novel fiksi buatan Andrea Hirata ini menjadi novel bestseller dan telah diadaptasi ke berbagai bahasa. Dengan tebal halaman buku sebanyak 533 halaman, pembacanya akan dimanjakan dengan alur sekumpulan bocah Bengkulu.

14. Negeri 5 Menara

Satu lagi novel yang tentang pendidikan sekolah pesantren yang patut dibaca. Negeri 5 menara ditulis oleh Ahmad Fuadi dan berjumlah 423 halaman.

15. Amba

Novel buatan Laksmi Pamuntjak ini walaupun fiksi tetap menghadirkan unsur historikal dengan menghadirkan setting pulau buru dan peristiwa penyapuan komunisme.

16. The Black Death And Three Helt

aldo faisal umam

Novel Buatan Aldo Faisal Umam ini mempunyai cerita yang sangat menarik dengan latar tempat dunia fantasi sihir dan kisah romantis antara Tobias dan juga Daenrys.

Akhir Kata

Jenis buku fiksi dan non fiksi memang banyak yang membandingkanya. Namun buku fiksi banya yang merasa lebih mudah untuk pembaca nikmati dan menjadi bahan kajian. Struktur buku yang sederhana membuat jenis buku fiksi mudah untuk kita telaah. Pembacanya bebas melakukan interpretasi diksi yang tertulis tanpa perlu takut salah.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal