Download Jurnal Scopus Gratis

4 Likes Comment
Download Jurnal Scopus Gratis

Cara Download jurnal scopus gratis memang bisa dilakukan, bahkan sangat mudah lho untuk melakukannya. Kalau ingin tahu, silahkan simak artikel ini.

Saat ini scopus mempunyai database jurnal terbesar meliputi database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding.

Databse scopus berguna untuk melihat apa yang sudah diteliti dan mengetahui kontribusi dari penelitian diantara literatur ilmiah yang sudah ada.

Kamu mungkin sudah tahu bahwa untuk download jurnal Scopus ini berbayar, tapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa gratis.

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal internasional mempunyai berbagai macam kegunaan dan salah satunya untuk bahan penelitian ilmiah baik dari kalangan dosen, profesor, mahasiswa dan para akademisi.

Nah, pada kesempatan ini Aldo akan memberikan kamu cara mudah cara download jurnal Scopus gratis tanpa biaya sedikitpun.

Download Jurnal Scopus Gratis

download jurnal scopus gratis

Kali ini aldo akan menggunakan website SCI-Hub supaya bisa cara download jurnal scopus gratis.

Begini cara download jurnal scopus gratis :

1. Pertama-tama, silahkan kunjungi website yang menyediakan database jurnal International yaitu: https://www.sciencedirect.com/

2. Silahkan ketik kata kunci untuk mencari jurnal yang kamu inginkan.

download jurnal scopus gratis

3. Contohnya mencari jurnal tentang education dan akan tampil seperti gambar berikut ini : 

4. Kalau sudah, boleh kamu klik link Purchase PDF 

download jurnal scopus gratis

5. Kemudian copy link doi tersebut. Contohnya: (https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102431)

6. Sudah copy linknya? silahkan kamu buka situs link berikut ini : https://sci-hub.se/ 

7. Langkah terakhir adalah paste kan link doi (https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102431) yang sudah kamu copy tadi ke kolom yang tersedia dan selanjutnya klik “OPEN”

download jurnal scopus gratis

8. Selesai, jurnal yang kamu ingin download akan terbuka.

Kamu pasti pernah bertanya-tanya mengapa SCI-Hub ini bisa download jurnal Scopus gratis, Iya kan?

Perlu kamu tahu, SCI-Hub merupakan sebuah mesin pencari online yang sudah mempunyai sekitar 80 juta makalah artikel akademik yang bisa langsung kamu unduh tanpa adanya pemblokiran dari pihak penerbit jurnal.

Setiap harinya, ada banyak makalah terbitan baru yang bisa kamu akses melalui server lembaga pendidikan.

Baca Juga : “Tempat Publish Jurnal Internasional dan Nasional”

Cara Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus

download jurnal scopus gratis

Setalah tahu cara download jurnal scopus gratis, selanjutnya kamu juga perlu tahu cara cek jurna terindeks scopus.

Sebenarnya sebelumnya aldo pernah bahas di artikel sebelumnya (Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus), tapi supaya tidak bolak balik silahkan simak caranya.

Kita disini akan menggunakan situs scimagojr.com. SJR ini biasanya untuk melihat ranking sebuah jurnal yang dibagi menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2,Q3, dan Q4.

  • Buka halaman utama scimagojr.com
  • Pilih subjeck area jurnal yang kamu tuju. Disini aldo contohkan bidang ilmu linguistik, maka begini jadinya“sociolinguistics, semantics, dan sejenisnya”.
  • Pilih subjek kategori jurnal yang kamu inginkan.
  • Cari quartile yang kamu inginkan, download data ke excel dan selesai

Ciri-Ciri Dari Jurnal Predator Beserta Dampaknya

Tips Memilih Jurnal Scopus Yang Benar

Tidak lengkap rasanya kalau hanya membahas cara download jurnal scopus gratis dan cek jurnalnya. Ada baiknya kita juga bahas Ciri-ciri dari jurnal Scopus yang mempunyai peluang besar untuk ditembus adalah:

1. Jurnal Scopus Kualifikasi (Q4)

Scopus mempunyai peringkat dari yang terbesar ke terendah, seperti ini Q1, Q2, Q3 dan Q4. Nah kalau kamu masih pemula, ada baiknya menggunakan Q4 saja.

Tapi kalau sudah dirasa mampu silahkan memilih kualifikasi yang agak tinggi, misalnya Q2 atau Q3. Bisa dikatakan bisa atau mampu kalau artikel yang Kamu buat berasal dari hasil penelitian yang berkualitas dengan novelty yang baik.

Selain itu juga didukung dengan metode penelitian yang jelas dan penggunaan tata bahasa yang sangat baik.

Namun jika Kamu sudah berkali-kali mencoba publikasi jurnal dan belum juga berhasil lolos, ada baiknya pilih saja jurnal Q4. Kalau sudah berhasil silahkan naik level ke Q3/Q2.

2. Issue Jurnal Tinggi

Issue jurnal merupakan jumlah terbitan jurnal dalam setiap tahun, dan sering kita ketahui dengan vol atau volume dan Kalau di jurnal Nasional sering disebut dengan edisi.

Setiap jurnal mempunyai jumlah issue yang beda-beda, ada yang 2 ada juga yang sampai 24.

Kalau sebuah jurnal mempunyai issue 2 artinya jurnal tersebut menerbitkan artikelnya 2 kali dalam setahun. Semakin banyak issue jurnal maka semakin banyak juga naskah kamu keterima.

Karena rentang waktu penerbitan yang relatif pendek sehingga persaingan sesama author akan semakin ringan. Itulah alasan kenapa yang kamu bidik adalah jurnal-jurnal issue yang banyak.

Biasnaya jurnal mempunyai jumlah issue 2 sampai 4 kali setahun, namun perlu Kamu ketahui bahwa ada juga jurnal yang mempunyai issue 24. Itu Artinya jurnal tersebut terbit 2 kali dalam sebulan. Nah silahkan tuh bidik jurnal tersebut.

Kalau kamu kesulitan, aldo sarankan untuk membidik jurnal dengan issue lebih dari 12 saja.

Artikel Menarik : Cara Buat Footnote Dari Jurnal

Akhir Kata

Nah, cukup sekian saja pembahasan aldo seputar download jurnal scopus secara gratis, cara mengecek, dan tips memilih jurnal scopus yang gampang ditembus.

Dengan ini, kamu sudah bisa menggunakan jurnal-jurnal yang sudah kamu download sebagai referensi karya tulis ilmiah kamu.

Kalau ada yang ingin bertanya seputar jurnal scoopus boleh tulis pada kolom komentar ya.

Terimakasih.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal