Contoh Jurnal Internasional

6 Likes Comment
contoh jurnal internasional

Bagi seorang mahasiswa, pasti akan sangat familiar dengan aneka jurnal baik nasional maupun internasional. Jurnal ini sebagai referensi materi untuk mengerjakan karya ilmiah. Banyak sekali contoh jurnal internasional yang bisa Anda temukan di berbagai media.

Sebelum lanjut melihat tentang contoh berbagai jurnal internasional, kamu bisa baca dulu artikel tentang Jurnal Ilmiah, untuk tahu lebih dalam soal apa itu jurnal internasional.

Mari kita lanjut. Apabila dibandingkan dengan penulisan ilmiah untuk akademik, jurnal memiliki kedudukan yang lebih penting sekaligus bergengsi. Bukan hanya itu tapi juga bisa dipertanggungjawabkan kaulitas tulisan dan hasil penelitiannya.

Jurnal ilmiah ini juga lebih banyak dibuat atau disusun oleh pada peneliti maupun dosen atau akademisi karena tingkat eksistensinya, selain itu juga digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan baik pendidikan maupun penelitian.

Jurnal ilmiah atau academic journal dibagi dalam 2 jenis yakni jurnal internasional dan jurnal nasional. Artikel ini secara khusus memberikanmu contoh tentang journal international.

Baca Juga: Situs – Situs Jurnnal Ilmiah Internasional

Pengertian Jurnal Internasional

contoh jurnal internasional

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami tentang jurnal, perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu jurnal internasional.

Secara umum, jurnal internasional diartikan sebagai sebuah publikasi secara periodik yang diterbitkan dalam bentuk artikel ilmiah.

Jurnal internasional ini biasanya akan terbit secara berkala yaitu setiap 4 bulan atau 1 tahun dua kali terbit. Jurnal ini menjadi salah satu referensi yang terpercaya dan juga jelas untuk tugas ilmiah yang sedang kita kerjakan.

Ciri – Ciri Jurnal Internasional

Untuk tahu lebih jelas berikut ini sejumlah ciri – ciri dan karakteristik jurnal internasional.

  • Karya ilmiah yang memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
  • Memiliki ISSN (International Standard Serial Number).
  • Menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok.
  • Memiliki terbitan versi online atau terbit dalam sistem OJS (Online Journal System)
  • Dewan redaksi yang tercantum merupakan pakar pada bidangnya yang berasal dari 4 negara.
  • Terbitan pada setiap nomornya melibatkan author atau penulis berasal dari 4 negara
  • Terindex oleh database internasiomal bereputasi seperti Web of Science (WOS), Scopus, Microsoft Academic Search atau lainnya sesuai pertimbangan tim pakar dikti.

Contoh Jurnal Internasional PDF

Dalam menulis sebuah karya ilmiah, sangat penting untuk memperkaya pengetahuan dengan sumber yang jelas serta terpercaya. Tujuannya agar karya ilmiah tersebut memiliki acuan yang tegas.

Sebelumnya akan saya berikan contoh tampilan international jurnal secara sekilas. Kira – kira bentuknya seperti gambar berikut ini:

contoh jurnal internasional

Gambar contoh jurnal di atas adalah jurnal yang saya download dari ScinceDirect dalam bentuk PDF, dan tentunya dalam bahasa inggris. Untuk tahu cara download jurnal internasional Klik tautan di bawah ini:

Journal internasional yang saya contohkan pada gambar di atas adalah jurnal dengan nama “North American Journal of Economics and Finance”. Kamu bisa cari jurnal apapun yang sesuai dengan relevansi tulisan ilmiah mu.

Kamu bisa mencoba sendiri untuk melihat banyak contoh jurnal. Berikut adalah beberapa contoh jurnal internasional yang bisa didapatkan di internet.

1. E-resources.perpusnas.go.id

Situs ini merupakan situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia yang menyediakan berbagai contoh jurnal internasional ekonomi maupun jurnal lainnya yang terpercaya.

Anda bisa memilih dari sekian banyak jurnal yang ada sebagai referensi situs jurnal internasional bereputasi.

Selain itu juga situs ini menghadirkan aneka jurnal dan artikel lain dengan tampilan yang menarik.

Anda bisa melihat apa saja artikel yang dibutuhkan, serta tampilan preview dari edisi volume pada samping kiri. Bahkan situs ini bisa melihat edisi volume lain dari tahun yang berbeda.

2. Google Scholar

contoh jurnal internasional

Para mahasiswa mungkin sudah tidak asing dengan situs ini. Banyak yang berselancar mencari jurnal yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas. Situs Google Scholar ini adalah situs mencari skripsi dan jurnal yang dikembangkan secara penuh oleh Google. Kunjungan situs google scholar dengan klik tautan berikut ini: Link Homepage.

3. International Journal of Education and Research

Contoh jurnal internasional bahasa Inggris bisa ditemukan dari International Journal of Education and Research. Jurnal ini memuat tentang review jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications) yang telah melalui proses akreditasi. Untuk masuk ke situs tersebut klik Homepage.

4. Directory of Open Access Journal

DOAJ ini bisa kita jadikan referensi acuan jurnal dalam penulisan karya tulis ilmiah. Aneka jurnal mulai dari jurnal internasional ekonomi, contoh jurnal internasional tentang lingkungan, serta berbagai macam situs jurnal internasional lainnya.

Tujuan yang ingin DOAJ capai adalah untuk meningkatkan kemudahan serta visibilitas dari jurnal ilmiah serta akademik akses yang terbuka. Dengan cara ini maka bisa meningkatkan penggunaan serta dampaknya. Untuk dapat masuk ke situs ini silahkan klik Homepage.

5. Contoh Jurnal Internasional pada ScienceDirect

Situs untuk mendapatkan contoh jurnal internasional pdf adalah ScienceDirect. Jurnal yang terdapat dari situs ini antara lain beberapa jurnal internasional serta buku yang gratis maupu yang berbayar. Situs ini menyediakan open akses bagi para penggunanya yang telah berlangganan.

Kelebihannya, dalam situs ini tersedia 12 juta konten yang terdiri dari 3.500 jurnal akademik serta lebih dari 34.000 e-book. Pengelompokan jurnal ini menjadi empat bagian, yaitu Life Sciences. Health Sciences, Social Sciences and Humanities, dan Physical Sciences and Engineering.

Kunjungi laman sciendirect dengan cara klik tautan Homepage.

6. Academia.edu

contoh jurnal internasional

Ingin mencari contoh jurnal internasional kebidanan pdf? Kunjungi situs Akademi.edu. Dalam Academia.edu Anda juga bisa menemukan jurnal internasional tentang lingkungan hingga jurnal internasional ekonomi.

Situs ini bersifat open akses dan gratis untuk para akademisi di dunia. Jadi semua jurnal internasional yang menurutmu cocok dengan kebutuhanmu, kamu bisa akses di situs ini. Kamu bisa kunjungi website Academia, klink Homepage.

Akhir Kata

Apabila saat ini Anda sedang mengerjakan penulisan karya tulis ilmiah, perbanyaklah mencari contoh jurnal internasional di beberapa situs tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa karya tulis tersebut memiliki sumber yang terpercaya dan jelas.

Demikian lah pembahasan tentang contoh publikasi internasional yang bisa jadi referensi buat mu untuk tidak salah dalam memilih journal yang tepat. Semoga bermanfaat.

Masih ingin tahu lebih banyak soal Jurnal Internasional?, silahkan klik link atau tautan tentang jurnal internasional lainnya berikut ini: Cara Mencari Jurnal Internasional.

You might like

About the Author: Abdurokhim

Hanya suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia pendidikan, teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *