Ciri-ciri Jurnal Internasional

5 Likes Comment
Ciri-ciri Jurnal Internasional

Jurnal internasional kerap kali dijadikan bahan rujukan untuk membuat tulisan ilmiah. Selain karena ditulis oleh peneliti manca negara, jurnal ini membantu memberikan pemikiran yang lebih luas. Namun Anda tetap harus memperhatikan ciri-ciri jurnal Internasional yang berkualitas sebelum menjadikannya referensi.

Jurnal yang berskala internasional tidak selamanya memiliki kualitas yang baik. Terlebih untuk jenis jurnal yang belum terakreditasi. Bahkan banyak jurnal karya peneliti lokal yang jauh lebih berkualitas dibandingkan jurnal internasional.

Ciri-ciri Jurnal Internasional Terakreditasi

ciri ciri jurnal internasional

Untuk mengetahui apakah jurnal internasional yang dipublikasikan itu terakreditasi atau tidak, ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan sebagai bahan pertimbangan. Ciri-ciri tersebut di antaranya :

1. Penulisan Menggunakan Bahasa Internasional yang Baik dan Benar

Bahasa Internasional yang dikenal di dunia adalah Bahasa Inggris. Namun, bahasa yang diakui oleh PBB juga tergolong bahasa Internasional. Bahasa tersebut adalah Inggris, Arab, Spanyol, Rusia, Prancis, dan Mandarin.

Agar lebih mudah untuk mengecek penggunaan kaidah yang benar, pilihlah jurnal internasional yang bahasanya benar-benar dipahami. Ini bisa menjadi tolak ukur untuk melihat kualitas bahasa yang dipakai jurnal tersebut.

2. Ditulis Secara Ilmiah atau Menggunakan Kaidah Keilmuan

Ciri selanjutnya yang berkaitan dengan isi jurnal adalah penulisannya yang harus berdasarkan penelitian ilmiah. Apabila ada karya tulis yang ditulis dengan bahasa Internasional, namun tidak menggunakan kaidah ilmiah di dalamnya, maka itu belum bisa dikatakan sebagai jurnal.

3. Dewan Redaksi Minimal Berasal dari 4 Negara Berbeda

Dewan redaksi dalam sebuah jurnal minimal harus berasal dari 4 negara yang berbeda. Sementara jajaran yang ada di dalamnya wajib tergolong orang yang memang sudah ahli di bidangnya, sesuai isi jurnal.

4. Penulis Berasal dari Berbagai Negara

ciri ciri jurnal internasional

Tidak hanya dewan redaksinya, penulis jurnal yang dimaksud juga harus berasal dari negara yang berbeda. Minimal dalam satu terbitan jurnal, penulisnya berasal dari 2 negara berbeda dengan menggunakan bahasa Internasional.

5. Punya Serial Nomor Berstandar Internasional (ISSN)

Nomor ISSN ini menjadi identitas penting yang paling mudah ditemukan dari jurnal internasional yang sudah terakreditasi. Kalau jurnal internasional memiliki versi online dan cetak, maka nomor ISSN juga harus ada dua walaupun isinya sama.

Baca Juga : Contoh Jurnal Internasional

6. Memiliki Versi Online

Sebaik apapun jurnal internasional, kalau tidak memiliki versi online patut diragukan akreditasinya. Ini disebabkan karena jurnal yang akan diakreditasi harus memenuhi tahap pengiriman jurnal secara online.

Selain itu, versi online juga memungkinkan jurnal untuk dibaca dalam ruang lingkup yang lebih luas.

7. Sudah Terindeks Internasional

Ada banyak database jurnal internasional yang bisa memberikan indeks pada jurnal berkualitas. Misalnya Scopus dan Web of Science.

Kalau jurnal sudah terindeks pada salah satu database tersebut, berarti telah memenuhi kriteria jurnal internasional.

Ciri-ciri Jurnal Internasional yang Baik

Bagi Anda yang ingin menulis jurnal internasional agar bisa terindeks dan terakreditasi, ada beberapa ciri-ciri jurnal skala internasional yang baik dan harus dipenuhi. Ciri-ciri tersebut meliputi :

1. Menggunakan Bahasa Internasional Sesuai Kaidah

Bahasa Internasional yang digunakan harus sesuai kaidah dan tata bahasa yang berlaku di negara tersebut.

2. Jurnal yang Dibuat Tidak Berasal dari Jurusan dalam Universitas

Jurnal dari jurusan dalam suatu universitas sifatnya sangat lokal, sehingga tidak bisa dijadikan jurnal internasional. Untuk memperluas cakupannya, biasanya jurnal tersebut dibuat oleh himpunan profesi tertentu. 

Artikel Menarik : Cara Mencari Jurnal Internasional

3. Jurnal Orisinil

Jurnal internasional yang baik sifatnya harus orisinil dan bukan hasil plagiat. Selain itu, jurnal juga tidak boleh hanya membuat ulasan saja terkait jurnal yang telah diterbitkan sebelumnya.

4. Diterbitkan Secara Teratur

Jurnal juga harus terbit secara teratur untuk menunjukkan profesionalisme penulisnya serta pengembangan dari penelitian yang dilakukan.

Ciri-ciri jurnal Internasional di atas wajib diperhatikan sebelum memilihnya sebagai referensi tulisan. Apabila ciri-ciri tersebut tidak diperhatikan, bisa jadi jurnal yang dipakai rujukan tidak sesuai standar.

Akibatnya, tulisan ilmiah yang ditulis juga tidak berkualitas tanpa kaidah keilmuan yang jelas.

Jurnal internasional kerap kali dijadikan bahan rujukan untuk membuat tulisan ilmiah. Selain karena ditulis oleh peneliti manca negara, jurnal ini membantu memberikan pemikiran yang lebih luas.

Namun Anda tetap harus memperhatikan ciri-ciri jurnal Internasional yang berkualitas sebelum menjadikannya referensi.

Jurnal yang berskala internasional tidak selamanya memiliki kualitas yang baik. Terlebih untuk jenis jurnal yang belum terakreditasi. Bahkan banyak jurnal karya peneliti lokal yang jauh lebih berkualitas dibandingkan jurnal internasional.

Artikel Lainnya : Cara Download Jurnal Internasional

Akhir Kata

Ciri-ciri jurnal Internasional di atas wajib diperhatikan sebelum memilihnya sebagai referensi tulisan.

Apabila ciri-ciri tersebut tidak diperhatikan, bisa jadi jurnal yang dipakai rujukan tidak sesuai standar.

Akibatnya, tulisan ilmiah yang ditulis juga tidak berkualitas tanpa kaidah keilmuan yang jelas.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal