Cara Submit Jurnal

9 Likes Comment
cara submit jurnal

Sejatinya, jurnal yang ditulis tidak hanya untuk kepentingan syarat kelulusan atau tugas di bidang akademisi saja. Lebih dari itu, jurnal digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber penelitian yang bisa dikembangkan. Oleh karenanya, penulis jurnal juga harus tahu cara submit jurnal di media online.

Dengan begitu, karya tulisan ilmiah yang ditulis bisa bermanfaat bagi orang lain dan akan terus dikembangkan. Apabila sudah berhasil menerbitkan jurnal, tentu ada kebanggaan tersendiri karena penemuan yang kita tulis dari hasil penelitian akan dibaca oleh publik dengan lingkup lebih luas.

Cara Submit Jurnal Nasional

cara submit jurnal

Untuk menerbitkan jurnal nasional secara online, ada beberapa cara yang bisa dipakai sesuai dengan media yang digunakan untuk menerbitkannya. Berikut adalah beberapa media yang bisa dipakai submit jurnal nasional serta cara yang bisa dipakai.

1. Submit di Google Scholar

Google Scholar merupakan salah satu situs bawaan dari Google yang paling mudah diaplikasikan dan dikenal oleh masyarakat umum. Untuk melakukan submit jurnal pada situs ini caranya jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan situs lainnya, yaitu :

  • Buat Akun Google Scholar

Bagi pemula yang baru pertama kali submit jurnal, tentu belum memiliki akun Google Scholar. Padahal, agar bisa mempublikasikan jurnal harus memiliki akun yang valid terlebih dahulu. Cara membuat akunnya cukup mudah, cukup masuk menggunakan Gmail yang dimiliki beserta paswordnya.

  • Masuk ke Akun

Setelah email terdaftar, masuk ke akun dengan alamat email tersebut. Jangan lupa untuk memperbaiki data diri yang ada pada beranda my profil untuk menampilkan identitas ketika sedang dibutuhkan.

  • Klik Tombol dengan Tanda Tambah

Setelah profil dilengkapi, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan tahap awal submit artikel. Caranya dengan mencari tombol yang bertanda tambah yang posisinya di bawah foto profil.

Setelah diklik, ada banyak pilihan menu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari penambahan penulis jurnal, metode penambahan jurnal secara otomatis, serta penambahan jurnal secara manual.

  • Masukkan Jurnal yang Ingin Disubmit

Langkah selanjutnya adalah memasukkan jurnal yang ingin disubmit. Kalau jurnal tersebut sudah pernah dipublikasikan namun belum terindeks oleh Google Scholar, tentu cara yang bisa dilakukan adalah menambahkan artikel secara manual.

Pilih jenis artikel berupa jurnal pada opsi yang tersedia, lalu lengkapi kolom kosong sesuai dengan identitas jurnal. Kolom tersebut terdiri dari judul, nama pengarang, tahun dan tanggal terbit, jilid, halaman, serta penerbit. Setelah selesai, pilih tanda centang berwarna biru lalu pilih submit.

2.  Cara Submit Jurnal Nasional Terakreditasi

Untuk bisa menerbitkan jurnal nasional yang terakreditasi, caranya sebenarnya sama dengan menerbitkan jurnal nasional biasa tanpa akreditasi. Hanya saja, sebelum menerbitkan harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar jurnal bisa disubmit dan terakreditasi, di antaranya :

  • Jurnal harus memiliki terbitan versi online yang mempermudah akses.
  • Sudah memiliki nomor ISSN.
  • Jurnal harus diterbitkan oleh penerbit yang terpercaya seperti perguruan tinggi atau universitas, badan ilmiah, serta organisasi profesi.
  • Bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia atau Inggris yang sesuai standar tata bahasa.
  • Penulis jurnal minimal berasal dari dua penulis dari institusi yang berbeda.
  • Jurnal telah diedit oleh dewan editor yang minimal terdiri dari 2 orang dengan institusi yang berbeda.
  • Sesuai dengan standar penulisan dan diterbitkan secara berkala.

Apabila beberapa syarat di atas sudah dipenuhi, tentu kemungkinan jurnal mendapat akreditasi dari lembaga nasional jauh lebih besar dibandingkan tidak memenuhi syarat tersebut.

Cara Submit Jurnal Internasional

cara submit jurnal

Jurnal internasional memiliki sasaran pembaca yang jauh lebih luas karena sifatnya global. Tidak heran kalau proses submit jurnal yang berskala internasional ini jauh lebih sulit dibandingkan yang hanya skala nasional saja. Beberapa cara beserta media publikasi jurnal yang bisa dimanfaatkan meliputi :

1. Cara submit jurnal di Sinta

Sinta merupakan salah satu situs yang bisa menilai kinerja jurnal berdasarkan akreditasinya. Cara kerjanya dengan mengindeks semua jurnal nasional untuk di indeks secara internasional. Fungsi inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk melakukan submit jurnal di Sinta.

Berikut adalah cara submit jurnal Sinta yang bisa dilakukan dengan mudah, khususnya untuk pemula.

  • Masuk ke Halaman Utama

Untuk masuk ke halaman utama Sinta bisa mengunjungi alamat resminya di https://sinta.ristekbrin.go.id/. Bisa juga dengan mengetikkan kata kunci Sinta pada pencarian Google, lalu klik situsnya yang berada di posisi paling atas.

  • Cari Media Penerbit yang Bisa Menerbitkan Jurnal Sejenis

Untuk masuk ke halaman jurnal, bisa mengklik tab source, lalu klik tulisan jurnal. Pengunjung akan diarahkan pada halaman daftar jurnal. Arahkan kursor pada kolom pencarian di sebelah kiri atas, ketik jenis jurnal yang sekiranya akan di upload.

Misalnya jenis jurnal yang akan di submit adalah administrasi, maka klik administrasi pada kolom tersebut. Nantinya akan ada banyak daftar jurnal administrasi beserta data publishernya.

  • Kunjungi Website Penerbit

Klik salah satu artikel administrasi, nantinya pada bagian samping kiri akan ada data jurnal, termasuk website penerbitnya. Kunjungi website tersebut, di website penerbit inilah Anda bisa submit artikel yang ingin ditampilkan di Sinta.

  • Perhatikan Ketentuan dari Penerbit

Masih dalam website penerbit yang terhubung dengan Sinta tadi, perhatikan syarat dan ketentuan dalam submit di artikel tersebut. Sesuaikan kriteria penerbit dengan jurnal yang akan di publish.

  • Submit Jurnal pada Website

Setelah isi dan bentuk jurnal sesuai ketentuan, barulah upload jurnal pada website yang terhubung ke Sinta tadi.

Karena website ini dianggap berkualitas dan sudah terkoneksi dengan Sinta, maka kemungkinan besar jurnal yang Anda upload pada situs ini juga dipublikasikan oleh Sinta.

Apabila website penerbit yang kebetulan dikunjungi ini tidak berbayar, maka mengupload jurnal di sini bisa menjadi salah satu cara submit jurnal internasional gratis.

2. Cara Submit Jurnal ke Scopus

cara submit jurnal

Sama dengan Sinta, jurnal yang akan tampil di Scopus biasanya merupakan jurnal yang sudah di upload pada website berkualitas yang sudah terkoneksi dengan Scopus. Beberapa website biasanya memberikan persyaratan agar jurnal berkualitas dan terindeks Scopus.

Secara umum, kriteria tersebut meliputi :

  • Menggunakan banyak referensi berkualitas.
  • Menggunakan translate yang benar sesuai kaidah bahasa.
  • Tidak terdeteksi plagiat.
  • Terdiri lebih dari 1 penulis dari negara yang berbeda.
  • Menggunakan kaidah keilmuan.

Ketika beberapa persyaratan ini sudah terpenuhi, barulah website yang terkoneksi dengan Scopus akan menerima jurnal tersebut untuk selanjutnya di publikasi.

3. Cara Submit Jurnal OJS

cara submit jurnal

Untuk mempublikasikan jurnal internasional ke OJS, maka langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah :

  • Pertama, User dari OJS bisa masuk ke OJS, lalu pilih link yang bertuliskan new submission.
  • User memberikan tanda centang pada dialog konfirmasi terkait proses upload jurnal.
  • Setelah itu, barulah jurnal bisa diupload pada menu yang sudah disediakan.
  • Jika proses upload berhasil, data penulis bisa dimasukkan pada kolom yang sudah tersedia.
  • Kemudian Masukkan kata kunci, kode bahasa, dan referensi pada kolom.
  • Unggah file tambahan yang terkait dengan jurnal.
  • Yang terakhir, konfirmasi seluruh proses submit yang dilakukan, dan artikel akan memasuki tahap review serta editing sebelum layak untuk dipublikasikan.

Akhir Kata

Cara submit jurnal sebenarnya sangat mudah jika jurnal yang ditulis sudah memenuhi syarat jurnal nasional atau internasional yang sesuai standar. Sebaliknya, kalau jurnal yang dipublikasikan masih memiliki banyak kekurangan dan tidak sesuai kriteria, tentu cara publikasinya jauh lebih lama dan sulit.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal