Cara Meresume Jurnal

8 Likes Comment
Cara Meresume Jurnal

Resume merupakan sebuah ringkasan dari sebuah tulisan panjang yang kemudian di pangkas dan hanya diambil bagian pokoknya saja. Cara ini banyak digunakan pada jurnal atau tulisan ilmiah lainnya. Bagi yang saat ini sedang mengerjakan karya ilmiah, perlu untuk mengetahui cara meresume jurnal dengan baik.

Meringkas atau meresume jurnal menjadi cara yang efektif dalam menyampaikan atau menjelaskan inti dari sebuah informasi. Dengan resume ini, sebuah jurnal akan menjadi lebih ringkas dan mudah untuk dipahami. Teknik meringkas yang baik, dibutuhkan agar inti materi tetap bisa tersampaikan.

Cara Meresume Jurnal yang Benar

Cara Meresume Jurnal
sumber : freepik

Sekilas, proses meresume jurnal ini terlihat tidak begitu sulit. Namun Anda tetap harus memperhatikan langkah-langkah agar bisa menghasilkan resume yang benar. Dibawah ini dapat dilihat tentang cara meresume jurnal dengan cepat dan benar.

1. Membaca Naskah Asli

Kunci utama dalam cara meresume jurnal adalah memahami isi dari jurnal atau karangan tersebut. Bacalah naskah aslinya terlebih dahulu hingga selesai atau bisa juga dilakukan berulang-ulang. Jika sudah bisa memahami hanya sekali baca akan lebih baik, namun jika belum lakukan pengulangan.

Cara tersebut akan memudahkan Anda dalam menuliskan kembali inti atau pokok dari jurnal yang dibaca. Apabila merasa kesulitan, dapat menggunakan alat bantu untuk lebih memahami karangan terutama untuk kata atau kalimat yang belum dipahami.

2. Menemukan Ide Pokok atau Gagasan Utama

Setelah selesai membaca jurnal tersebut, maka tugas selanjutnya adalah menemukan ide pokok atau gagasan utama jurnal tersebut. Cara untuk bisa menemukan ide pokok adalah dengan mencari kalimat penting yang ada dalam jurnal tersebut.

Kalimat penting ini, pada umumnya telah merangkum semua gagasan utama yang ada [ada sebuah jurnal. Jangan lupa untuk membuat catatan atau berikan garis bawah pada gagasan utama. Hal ini akan menjadi cara meresume jurnal yang benar dan cepat.

YUK DIBACA : Jurnal Internasional Kesehatan

3. Menulis Resume

Ketika Anda sudah mendapatkan ide pokok atau gagasan utamanya, lanjutkan langkah selanjutnya dengan menulis resume. Tentunya Anda harus memiliki gambaran umum, mengenai ringkasan yang akan ditulis dari gagasan utama tersebut.

Berdasarkan pengertian dari resume di atas, apa yang ditulis tidak boleh terlalu bertele-tele. Sebuah resume harus disajikan dalam rangkuman yang padat, namun tetap mengandung inti pokok jurnal. Jadi rangkuman ini adalah intisari dari pembahasan naskah aslinya.

4. Membaca Ulang Resume yang Sudah Dibuat

Langkah terakhir dari cara meresume jurnal internasional adalah dengan memeriksa dan membaca resume tersebut kembali. Bagian ini untuk memastikan jika masih terdapat kesalahan pada resume yang sudah dibuat, maka masih bisa diperbaiki kembali.

Sebagian besar, bagian yang perlu diperhatikan pada saat melakukan pemeriksaan adalah tentang ejaan kata, penggunaan bahasa yang baik dan benar, tanda baca, serta kesesuaian isi resume dengan jurnal aslinya. Dari sini terlihat bahwa cara meresume jurnal harus dipahami agar hasilnya baik.

Ciri-ciri Jurnal Nasional dan Internasional

Akhir Kata

Dalam membuat resume, sangat diperlukan pemahaman tentang cara meresume jurnal internasional dan lokal. Hal ini karena sebuah resume merupakan ringkasan dari gagasan yang ada pada jurnal, maka tidak boleh dilakukan asal-asalan. Apa yang menjadi inti pembahasan harus tercantum dalam resume.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal