Cara Menulis Footnote dari Jurnal

11 Likes Comment
cara menulis footnote dari jurnal

Tentu tidak afdhol rasanya jika menulis karya tulis ilmiah tanpa menyertakan footnote atau catatan kaki. Salah satu catatan kaki yang baik adalah bersumber dari jurnal, lalu bagaimana cara menulis footnote dari jurnal?.

Catatan kaki sangat penting guna mengetahui sumber tersebut benar atau tidak. Untuk bisa menuliskannya dengan baik pastinya Anda harus tahu cara menulis footnote dari jurnal.  

Ternyata saat ini masih saja ada yang belum tahu bagaimana menulis footnote dari jurnal dengan baik dan benar. Sistematikanya seringkali keliru dan tidak semestinya dituliskan sebagai catatan kaki.

Padahal menulis catatan kaki dari suatu jurnal untuk karya tulis ilmiah relatif mudah digunakan. Tentu kamu bisa tahu cara menulis catatan kaki dari artikel yang sedang kamu baca ini.

Apa yang Dimaksud Footnote?

cara menulis footnote dari jurnal

Footnote atau yang kerap disebut sebagai catatan kaki merupakan daftar keterangan yang dibuat khusus pada bagian bawah, tiap lembaran maupun akhir dari bab keterangan ilmiah. Footnote seringkali digunakan sebagai sarana guna menerangkan kepada pembaca tentang sumber kutipan terkait.

Jadi, adanya footnote tentu sangat membantu dalam menjelaskan sumber referensi dari penulisan karya tulis ilmiah. Bisa dikatakan bahwa footnote adalah titik terang dari sumber referensi yang belum benar-benar mampu dipahami oleh banyak pembaca.

Fungsi Footnote

Di dalam suatu karya tulis ilmiah dan lainnya, footnote memiliki fungsi tersendiri. Fungsi footnote setidaknya dapat dibagi menjadi empat macam yaitu sebagai bukti, perluasan konteks pembahasan, informasi lanjutan hingga keterangan maupun petunjuk hal tertentu.

  1. Footnote digunakan sebagai bukti kepada pembaca bahwa karya tulis tersebut bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  2. Footnote juga dapat dipakai untuk memberikan informasi lanjutan kepada pihak pembaca. Hal ini tentu akan menciptakan perluasan makna.
  3. Mampu untuk memperluas konteks pembahasan yang bisa diperoleh dari sudut pandangan pembaca.
  4. Footnote juga bisa dijadikan sebagai petunjuk maupun kata keterangan terkait segala pernyataan yang termuat di dalam karya tulis ilmiah.

Footnote vs Daftar Pustaka

Jangan sampai tertukar antara footnote dengan daftar pustaka. Keduanya jelas benar-benar berbeda. Daftar pustaka merupakan daftar yang memuat jurnal, buku maupun makalah dengan kutipan langsung dan tidak langsung ke dalam suatu karya tulis ilmiah.

Sementara itu, footnote merupakan catatan kaki dari suatu teks yang dikutip dan umumnya diletakkan pada bagian bawah suatu karya tulis ilmiah. Bahkan footnote juga kerap dijumpai dalam karangan lain yang bukan termasuk ke dalam karya tulis ilmiah. Bahkan termasuk novel, cerpen maupun esai.

Cara Menulis Footnote dari Jurnal yang Benar

Tahukah Anda bahwa cara membuat footnote ternyata tidak sulit dilakukan. Bahkan termasuk cara menulis footnote dari jurnal dengan 2 pengarang sekalipun. Simak cara penulisan footnote yang baik dan benar dari suatu jurnal sebagai berikut.

  1. Penulisan footnote perlu dipisahkan oleh garis dengan panjang 14 karakter pada bagian margin kiri dan jarak sejauh 4 spasi dari bagian teks.
  2. Penulisan footnote ditulis dengan menggunakan hanya 1 spasi saja.
  3. Footnote harus mencantumkan nomor.
  4. Nomor yang ada di dalam footnote harus diketik menggunakan 6 karakter dari bagian margin kiri.
  5. Jika footnote lebih dari satu baris, maka baris berikutnya dimulai layaknya menggunakan margin teks dari sisi kiri.
  6. Apabila footnote lebih dari satu, maka jarak antar footnote dibuat persis seperti jarak spasi dalam teks tersebut.
  7. Footnote perlu ditulis pada bagian halaman yang sama dan tidak terlalu panjang akan jauh lebih baik.
  8. Memiliki jarak 3 sentimeter dengan bagian margin sebelah bawah.
  9. Apabila nama pengarang lebih dari dua orang, maka tulis semua.
  10. Nama pengarang wajib ditulis sesuai dengan nama aslinya.
  11. Judul buku perlu diberi garis bawah.

Akhir Kata

Cara menulis footnote dari jurnal dan skripsi hingga karya tulis ilmiah lainnya rupanya tidak sulit dilakukan. Cermati saja bagaimana tiap langkahnya dengan seksama sehingga Anda bisa membuat footnote yang sesuai.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *