Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

10 Likes Comment
cara menulis daftar pustaka di jurnal

Daftar pustaka sangat penting dicantumkan dalam pembuatan karya tulis ilmiah seperti skripsi. Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak yang belum tahu bagaimana sebenarnya cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang baik dan benar.

Masih saja ada yang keliru dalam menuliskan daftar pustaka. Terutama bagi yang baru memulai menyusun skripsi. Untuk itu, perlu segera cari tahu cara untuk menulis daftar pustaka yang bagus. Hal ini nantinya juga akan mempermudah penulisan karya tulis ilmiah Anda.

Apa Itu Daftar Pustaka?

cara menulis daftar pustaka dari jurnal
sumber : freepik

Daftar pustaka merupakan daftar rujukan yang memuat judul, nama pengarang, tahun terbit dan informasi lainnya pada bagian belakang karya tulis ilmiah. Tidak hanya itu, daftar pustaka juga untuk memastikan apakah data itu benar atau tidak.

Adanya daftar pustaka juga akan membuktikan bahwa karya tulis ilmiah yang Anda buat bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Daftar pustaka juga bisa untuk ucapan terima kasih kepada pihak yang sudah menyumbangkan data dalam penelitian tersebut.

Beberapa Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Berbahasa Indonesia

Dalam menuliskan daftar pustaka Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Akan tetapi, yang paling utama ialah tentang urutan beserta tanda bacanya. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal PDF seperti berikut:

  1. Cantumkan nama pengarang, dari nama bagian belakang. Kemudian harus dengan tanda koma serta nama depan.
  2. Penulisan nama dari negara lain seperti Korea, Jepang dan Tionghoa tidak perlu dibalik. Hal ini memang karena nama keluarga ada di bagian depan.
  3. Saat mengutip, maka nama pengarang wajib dicantumkan pada daftar pustaka secara komplit.
  4. Gelar tidak perlu disebutkan.
  5. Apabila terdapat lebih dari satu pengarang, maka hanya nama pengarang pertama saja yang dibalik.
  6. Daftar pustaka harus berdasarkan abjad.
  7. Batas referensi penulisan daftar pustaka adalah 5 tahun terakhir.
  8. Penulisan nama judul harus ada perbedaan menggunakan efek miring/garis/tebal maupun tengahnya menggunakan tanda petik dua.

Beberapa Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Berbahasa Inggris

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Menulis daftar pustaka dalam bahasa Inggris rupanya juga tidak sulit. Anda dapat menulis daftar pustaka menggunakan dua macam cara yaitu APA dan MLA Style. Berikut merupakan cara menulis daftar pustaka dari jurnal internasional dengan dua style tersebut.

1. APA Style

APA Style adalah kriteria standar dalam menulis referensi maupun daftar pustaka berbahasa Inggris dari jurnal tersebut. Biasanya style ini duntuk menulis daftar pustaka makalah biologi dan psikologi. Rumusnya adalah Nama Pengarang.(Tahun Publikasi).Judul.Penerbit.Bab, Halaman Jurnal. Contohnya:

  • Mencantumkan Referensi pada Daftar Pustaka

Maslow, Abraham.(1954). The growth of self motivation refers to the need for personal growth and discovery that is present throughout a person’s life,36, 809-810.

  • Mencantumkan Referensi dengan Banyak Pengarang

Cates, A.R., Boswell, W., Harris, D.L., et al.(1990). Dates and figs also and their benefits. Food Studies Quarterly, 11, 483-488.

2. MLA Style

MLA Style merupakan kependekan dari Modern Language Association. Style ini kerap orang gunakan untuk buku maupun jurnal yang berhubungan erat dengan sastra. Rumus APA Style yaitu Nama Keluarga/Belakang Penulis/Pengarang, Nama Depan.”Judul Artikel”.

Selain itu, juga bisa menggunakan rumus Nama Koran/Majalah/Jurnal.Volume.Issue(Tahun): Halaman (Pagerange). Jenis Media yang Digunakan. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal internasional menggunakan MLA Style paling banyak orang gunakan sampai saat in.

Akhir Kata

Menuliskan daftar pustaka dari suatu jurnal sebenarnya bisa dengan mudah apabila Anda sudah tahu bagaimana aturannya. Terlebih untuk daftar pustaka berbahasa Inggris. Pilih saja salah satu style yang Anda inginkan.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal