Cara Menggunakan Google Scholar

4 Likes Comment
cara menggunakan google scholar

Setelah kamu mengetahui tentang apa itu google scholar, maka kamu sekarang perlu tahu tentang bagaimana cara menggunakan google scholar. Dengan google scholar kamu bisa mendapatkan fasilitas pencarian jurnal di google scholar dengan sangat mudah.

Google Cendekia atau lebih populer dengan nama Google Scholar menjadi salah satu layanan Google paling bermanfaat untuk para akademis mulai dari mahasiswa, guru, hingga dosen. Meski sekilas memiliki tampilan yang mirip seperti Google biasa, tapi cara menggunakan Google Scholar sedikit berbeda lho.

Link Terkait: Cara Upload Jurnal di Google Scholar

Bagaimana Cara Menggunakan Google Scholar?

cara menggunakan google scholar

Inilah langkah-langkah bagaimana cara menggunakan google scholar untuk Anda yang masih pemula dan belum memiliki akun:

Langkah 1: Buat Profil Dasar

  • Buka https://scholar.google.com/ dan klik tulisan “My profile” di bagian paling atas halaman sebelah kiri untuk mulai menyiapkan profil.
  • Isi kolom nama dan tambahkan informasi afiliasi serta alamat email verifikasi agar Google Scholar dapat mengkonfirmasi akun Anda. Tambahkan juga kata kunci yang relevan dengan minat penelitian Anda, sehingga orang lain dapat menemukan Anda saat menjelajahi area subjek.
  • Jika ada, Anda juga bisa menambahkan link fakultas atau lab penelitian Anda. Jika sudah selesai klik tombol “Next” dan profil dasar Anda sudah selesai.

Langkah 2: Tambahkan Publikasi

Setelah membuat profil, Google Scholar secara otomatis akan memberi Anda sekumpulan artikel yang ‘dianggap’ oleh Google sebagai milik Anda karena artikel-artikel tersebut mengandung nama Anda.

Anda bisa memasukkan beberapa artikel yang relevan dengan minat Anda, dan Anda dapat menghapusnya secara manual setelah Anda membuat akun. Selanjutnya tambahkan foto dengan mengklik ikon “avatar” di samping nama dan informasi profil Anda.

Langkah 3: Jadikan Profil Anda Publik

Profil Anda bersifat pribadi jika Anda baru saja membuatnya, dan Anda mengubah visibilitas profil dengan mengklik ikon pensil di samping nama Anda dan mencentang kotak kecil di sebelah tulisan “Make my profile public”.

Langkah 4: Telusuri Artikel Jurnal

Scholar dirancang untuk menampilkan kombinasi halaman yang paling relevan dan paling banyak dikutip, yang biasanya merupakan sumber paling informatif dan terpercaya. Bahkan Scholar dapat menelusuri judul dan konten artikel ketika konten tersebut dikunci.

  • Cara penggunaan Google Scholar mirip seperti saat Anda menggunakan Google biasa, yaitu kembali ke halaman utama https://scholar.google.com dan masukkan kata kunci terkait hal yang ingin Anda cari.
  • Setelah menavigasi ke halaman hasil, Anda akan melihat informasi tentang penulis, penerbit, dan tanggal publikasi untuk setiap entri.
  • Anda juga akan melihat lokasi entri (misalnya Google Books) dan tulisan “versi lain” yang menjadi tempat Anda dapat menavigasi ke halaman web lain tempat artikel tersebut muncul.
  • Sedangkan link di sisi kanan akan menghubungkan Anda langsung ke artikel dan menunjukkan formatnya, apakah dalam bentuk HTML, PDF, atau lainnya.

Langkah 5: Buat Perpustakaan Online

Saat melihat-lihat hasil tadi, Anda bisa menyimpan artikel ke perpustakaan Anda sendiri untuk dibaca nanti. Cara menambahkan artikel ke perpustakaan adalah dengan klik “gambar bintang” yang ada di bawah setiap entri. Lalu untuk membuka perpustakaan, klik tulisan “My library” di pojok kanan atas halaman.

Langkah 6: Atur Notifikasi

Jika Anda berencana meneliti kejadian terkini atau mengembangkan penemuan medis, mengikuti literatur akademis terbaru adalah hal yang akan memudahkan tugas atau proyek Anda. 

Scholar memberi Anda pilihan untuk mengatur notifikasi ketika ada hasil baru untuk istilah pencarian tertentu (misalnya “konflik Rusia Ukraina”). Sehingga Anda dapat terus mendapatkan informasi terbaru ketika ada artikel dan buku baru yang terbit. Cara mengaturnya adalah:

  • Masukkan kata kunci terkait topik yang sedang Anda teliti. Lalu pada hasil pencarian, klik tulisan “Create alert” yang ada di bagian paling bawah sisi kiri halaman.
  • Selanjutnya masukkan alamat email Anda pada kotak Email yang sudah disediakan dan isilah topik yang Anda minati di kotak “Alert query”, lalu klik tombol “Create alert” jika sudah selesai.

Akhir Kata

Google Scholar menjadi platform yang paling sering para peneliti dan akademisi gunakan. Cara menggunakan Google Scholar sendiri termasuk mudah meskipun mungkin sedikit membingungkan untuk para pemula.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *