Cara Menerjemahkan Jurnal

4 Likes Comment
Cara Menerjemahkan Jurnal

Jurnal internasional memang menarik dijadikan bahan referensi. Sayangnya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih kesulitan dalam menerjemahkan jurnal Internasional ke bahasa Indonesia. Sebagai solusinya, ada beberapa cara menerjemahkan jurnal ke bahasa Indonesia dengan mudah dan cepat.

Beberapa di antaranya ada yang menggunakan media bantu dari situs tertentu, ada juga yang menggunakan aplikasi. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dianggap paling mudah.

Cara Menerjemahkan Jurnal Bahasa Inggris dengan Microsoft Word

Banyak yang belum tahu bahwa aplikasi Microsoft Word sebenarnya sudah dilengkapi banyak fitur yang memudahkan berbagai kendala terkait penulisan. Salah satu kendala penulisan yang ternyata bisa diatasi oleh aplikasi ini adalah menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Tidak hanya menerjemahkan tulisan dalam bentuk word, jurnal yang umumnya berbentuk PDF juga bisa diterjemahkan dengan aplikasi pengolahan kata ini. Adapun langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di antaranya :

1. Buka File PDF dengan Aplikasi Microsoft Word

Agar bisa menerjemahkan menggunakan aplikasi word, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka PDF dalam bentuk word, langkah-langkahnya adalah :

  • Klik kanan pada jurnal berbentuk PDF yang sudah tersimpan.
  • Pilih option yang bertuliskan open with.
  • Arahkan kursor pada option tersebut, lalu pilih Ms. Word.

2. Translate Jurnal

Langkah selanjutnya adalah dengan menerjemahkan jurnal yang sudah dalam bentuk word ke dalam bahasa yang diinginkan. Pada menu Microsoft Word, pilih tab review, lalu klik tulisan translate – translate document.

3. Atur Bahasa Translate dan Terjemahannya

Panda menu translate dokumen, ada kotak dialog translate language option. Pada bagian ini, klik kolom bertuliskan translate from, lalu pilih bahasa jurnal yang ingin diterjemahkan. Sementara pada menu translate to, pilih bahasa terjemahan yang akan dipakai, dalam hal ini bahasa Indonesia.

Setelah diatur, klik Ok. Biasanya akan muncul pemberitahuan terkait proses penerjemahan yang akan dilakukan, lanjut pilih send agar proses bisa dilanjutkan. Tunggu sampai proses selesai, dan jurnal sudah berhasil diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Perlu diingat bahwa menerjemahkan jurnal menggunakan Microsoft Word ini terbatas sampai 10 halaman saja. Apabila lebih dari 10 halaman, maka sisanya tidak akan diterjemahkan sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : “Cara Membuka Jurnal yang Terkunci”

Cara Menerjemahkan Jurnal Bahasa Inggris ke Indonesia dengan Online Doc Translator

Cara Menerjemahkan Jurnal

Memanfaatkan Online Doc Translator ini adalah salah satu cara menerjemahkan jurnal dengan cepat yang banyak digunakan. Cara ini memiliki keunggulan dibanding yang lain karena bisa mempermudah proses translate tanpa harus mengubah bentuk dan layout asli dari jurnal internasional.

Sama dengan Microsoft Word, translator ini juga hanya mampu menerjemahkan file PDF maksimal 10 halaman saja. Langkah-langkah menggunakannya adalah :

  1. Masuk ke alamat resmi situs penerjemah ini dengan alamat www.onlinedoctranslator.com.
  2. Pada bagian bawah halaman, akan ada link yang berisi tulisan terjemahkan sekarang, klik link tersebut.
  3. Selanjutnya pengunjung akan langsung diarahkan pada kolom translate atau penerjemah. Pada kolom ini, pilih bagian uploud file untuk menerjemahkan jurnal berupa PDF yang tersimpan di PC.
  4. Atur pilihan bahasa penerjemahnya dengan memilih bahasa Indonesia atau bahasa lainnya yang diinginkan.
  5. Tekan enter, dan dokumen akan langsung berproses menerjemahkan file yang sudah di unggah secara otomatis.
  6. Agar hasil translate lebih cepat dan maksimal, pastikan sambungan internetnya cukup stabil.

Cara Menerjemahkan Jurnal PDF dengan Google Translate

Cara Menerjemahkan Jurnal

Kalau penerjemah yang satu ini tentu sudah sangat familiar di kalangan masyarakat luas. Biasanya kerap kali dipakai untuk menerjemahkan kalimat panjang, karena kemampuannya mengatur bahasa sekaligus. Ternyata, situs bawaan Google ini juga bisa dipakai menerjemahkan jurnal berupa dokumen atau pdf.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke situs resmi Google Translate yang biasa digunakan pada umumnya, yakni https://translate.google.com/?sl=id&tl=en&op=translate&hl=en.
  2. Pada bagian atas kolom yang tersedia, terdapat tulisan text dan document. Klik link yang bertuliskan document pada halaman tersebut.
  3. Secara otomatis, Anda akan langsung diarahkan untuk mencari dokumen yang ingin diterjemahkan. Pilih jurnal internasional yang ingin diterjemahkan, lalu klik Ok.
  4. Setelah berhasil diupload, klik terjemahkan, dan situs ini akan langsung menerjemahkan dokumen.
  5. Setelah proses selesai, file PDF atau lainnya yang sudah diupload sudah berhasil diterjemahkan menggunakan bahasa Indonesia yang dipilih.

Walaupun menerjemahkan jurnal menggunakan situs Google translate terlihat lebih mudah dan simpel, penerjemah ini juga memiliki kekurangan. Kelemahannya terdapat pada proses pemindahan hasil translate yang harus dilakukan manual per kata. Lalu dipindahkan satu per satu ke dokumen word yang diinginkan.

Hasil terjemahan tidak bisa didownload langsung berupa word. Selain itu, format huruf dan penulisannya otomatis juga berubah dan tidak sesuai dengan susunan jurnal aslinya. 

Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional dengan Google Drive

Google drive lebih dikenal dengan teknologinya yang menyimpan segala dokumen penting melalui awan dengan kapasitas yang besar. Dibalik kemampuan tersebut, ternyata Google Drive juga bisa dimanfaatkan untuk menerjemahkan dokumen dari bahasa asing ke bahasa yang diinginkan.

Adapun cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia menggunakan Google drive ini adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke akun Google yang dimiliki menggunakan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.
  2. Pilih menu drive atau drive saya lalu klik tanda tambah yang bertuliskan baru pada bagian pojok kiri atas.
  3. Unggah jurnal internasional yang ingin diterjemahkan menggunakan Google drive ini.
  4. Setelah proses unggah berhasil, klik kanan pada jurnal yang sudah tersimpan tersebut.
  5. Pilih option buka dengan atau open with, lalu pilih Google Dokumen.
  6. Setelah jurnal terbuka dalam dokumen Google, klik tab alat atau tool pada bagian atas halaman. Selanjutnya pilih option terjemahkan dokumen.
  7. Untuk membedakan dokumen yang belum diterjemahkan dengan yang sudah diterjemahkan, edit nama dokumen pada kolom paling atas dialog .
  8. Untuk kolom terjemahkan ke dalam bahasa, pilih bahasa Indonesia atau bahasa lainnya yang diinginkan.
  9. Terakhir klik tombol biru pada bagian bawah sebelah kiri dialog dan dokumen akan langsung diproses untuk diterjemahkan. 

Kelebihan dari cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke dalam bahasa yang diinginkan menggunakan Google Drive ini terdapat pada hasil terjemahannya yang bisa didownload dalam bentuk dokumen. Format jurnal yang diterjemahkan juga sesuai dengan jurnal aslinya sehingga lebih rapi.

Artikel Menarik : Ciri-ciri Jurnal Internasional

Cara Menerjemahkan Jurnal Inggris ke Indonesia dengan Aplikasi Android

Bagi pengguna android, bisa juga menerjemahkan jurnal internasional menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play. Cara menerjemahkan jurnal internasional dengan aplikasi ini memang lebih praktis, namun membutuhkan memori android untuk menyimpan aplikasi.

Beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk menerjemahkan jurnal internasional di antaranya screen translate, Google terjemahan, serta document language translator.

Akhir Kata

Berbagai cara untuk menerjemahkan jurnal yang tersedia secara gratis ini bisa menjadi media penunjang untuk membantu proses pembelajaran. Namun, tentu saja situs dan aplikasi tersebut tidak untuk disalahgunakan. Pastikan untuk menerjemahkan jurnal internasional yang memang sangat dibutuhkan.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal