Cara Menerbitkan Buku Sendiri

4 Likes Comment
cara menerbitkan buku sendiri

Penerbitan suatu karya sastra bisa jadi salah satu keinginan paling tinggi bagi pembuatnya. Termasuk pada karya tulis buatan sendiri baik novel maupun naskah lainnya. Ada sangat banyak cara menerbitkan buku sendiri.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak rekomendasi penerbit buku yang bisa dipilih. Cara penerbitannya yang mudah dan mudah bisa menjadi keuntungan tersendiri. Anda juga bisa menerbitkan buku secara online melalu platform tertentu.

Cara Menerbitkan Buku Sendiri

cara menerbitkan buku sendiri

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menerbitkan buku sendiri seperti pada metode online (wattpad dll) atau ofline. Namun sebelum menerbitkannya secara sah isbnrapa hal yang harus dilakukan secara berurutan. Anda yang masih awam, berikut tata cara yang bisa dilakukan:

1. Menyiapkan naskah

Pertama, tentunya siapkan naskah buatan Anda. Jangan sampai naskah tercecer bahkan hilang saat hendak diterbitkan. Pastikan naskah yang disiapkan merupakan naskah yang sudah jadi sepenuhnya baik dari cover hingga sinopsis di bagian akhir.

Penyiapan naskah bisa dilakukan paling lambat h-3. Anda juga bisa melakukan pengkajian untuk menemukan kesalahan baik kesalahan penulisan atau kesalahan intrinsik. Bila terdapat kesalahan Anda bisa melakukan revisi terlebih dulu.

Link Terkait: Cara Membuat Sampul Buku

2. Menyiapkan modal

Selanjutnya siapkan modal untuk melakukan penerbitan. Bagaimanapun penerbitan secara online maupun ofline membutuhkan modal. Pada penerbitan online akan membuka kemungkinan bagi Anda untuk mempersiapkan modal internet sekaligus modal uang.

Pada peluncuran ofline atau secara langsung Anda diharuskan untuk menyiapkan modal untuk pembayaran ISBN hingga administrasi lainnya. Siapkan modal utama dan modal tambahan untuk berjaga jaga atas kemungkinan terburuk.

3. Layout

Siapkan juga layout sendiri. Bisa jadi pihak penerbit tidak menyediakan jasa sunting layout. Karenanya Anda perlu untuk mempersiapkan layout sendiri. Bila bisa terapkan layout pada karya tulis Anda saat proses persiapan naskah.

Membuat buku sendiri berarti membuat layout sendiri. Sesuaikan layout dengan jenis atau ukuran font yang Anda gunakan. Margin pinggiran juga harus termasuk dalam penyuntingan layout ini.

4. Desain cover

Tidak lupa sediakan desain cover. Dimana cover menjadi salah satu sistem penarik otomatis bagi para pembaca. Tidak jarang laku tidaknya sebuah buku ditentukan oleh desain cover yang tersemat dalam buku.

Cover bisa harus Anda buat semenarik mungkin salah satunya dengan cara pengaturan warna. Gunakan warna yang sesuai dengan genre karya tulis. Seperti halnya pada genre thriller pembuhan Anda bisa menggunakan warna merah atau hitam.

5. Mengurus ISBN

cara menerbitkan buku sendiri

ISBN merupakan nomor seri buku untuk sekala internasional. Karenanya buku penting untuk memiliki nomor seri ini bila ingin publikasi secara sah. Terdapat banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan seri ISBN.

Salah satunya dengan mendatangi kantor terkait dan mengajukan ISBN resmi untuk karya tulis Anda. Proses ini mungkin akan membutuhkan beberapa nominal uang yang harus Anda bayarkan ke pihak tersebut,

6. Menentukan kualifikasi buku

Penentuan kualifikasi buku juga penting Anda lakukan. Kualifikasi berkisar antara kualifikasi genre dan kualifikasi umur pembaca. Kualifikasi genre bisa disesuaikan dengan inti cerita karya yang telah selesai dibuat.

Dalam proses membuat buku novel sendiri atau karya lainnya tentu proses penentuan kualifikasi sangat penting. Untuk kualifikasi umur Anda bisa melakukan penyesuaian lewat konten cerita. Bila sekiranya terdapat konten dewasa maka kualifikasi buku merupakan kualifikasi buku khusus dewasa.

7. Menentukan harga

Terakhir, tentukan harga jual buku Anda. Harga jual bisa Anda tentukan sendri apalagi bila bergerak secara independen. Berbeda halnya bila Anda melakukan kerja sama dengan pihak penerbit tertentu. Akan ada pemotongan insentif per eksemplarnya.

Penentuan harga bisa bersandar dari jenis kertas yang digunakan untuk buku. Harga juga bisa bergantung pada banyaknya halaman yang dibuat oleh pengarang. Bisa juga bergantung pada mahalnya ide tulisan dan desain yang tersemat dalam buku.

Rekomendasi Penerbit Buku

Anda akan dimanjakan dengan kemudahan penerbitan buku. Banyaknya perusahaan penerbitan akan semakin mempermudah langkah cara menerbitkan buku sendiri. ada beberapa perusahaan yang jadi rekomendasi. Berikut beberapa daftarnya:

1. Gramedia Pustaka Utama

cara menerbitkan buku sendiri

Paling banyak orang-orang incar karena ketenaran dan sistem publikasinya yang baik, Gramedia juga banyak menjadi panutan bagi perusahaan terbitan lain. Anda mungkin harus bekerja keras menembus kualifikasi di dalamnya karena persaingan yang sangat ketat.

Menerbitkan buku sendiri di Gramedia bisa dilaukan dengan cara pengiriman lewat surel. Gramedia tidak hanya menyediakan proses publikasi tapi juga langsung menyediakan proses penjualan. Dimana Gramedia memiliki platform tersendiri untuk menjual buku koleksinya.

2. Grasindo

Penerbit ini menjadi perusahaan publikasi buku yang tidak kalah banyak orang incar. Grasindo juga telah banyak menyukseskan peluncuran berbagai karya sastra fiksi dan non fiksi. Keberhasilannya dalam dunia penerbitan membuatnya banyak orang-orang incar.

3. Mizan

cara menerbitkan buku sendiri

Berdiri hampir 30 tahun lamanya, Mizan masih eksis di bidang publikasi. Tidak hanya cerita berunsur keagamaan Mizan juga banyak menerima karya jenis lainnya. Namun memang penerbit ini banyak menerbitkan karya fiksi.

Mizan juga terkenal dengan publikasi karya anaknya. Anda yang memiliki anak atau keluarga dengan potensi menulis bisa memilih perusahaan publikasi satu ini. Ada banyak kesempatan publikasi karya lewat Mizan. Anda tertarik mencoba?

4. Media Kita

Media Kita juga menjadi salah satu perusahaan dengan nilai keberhasilan publikasi yang tinggi. Syarat penerbitan yang mudah cocok bagi Anda yang baru ingin memulai profesi sebagai penulis profesional. Penerbit ini juga menyanggupi publikasi berbagai jenis karya tulisan.

5. Bentang Pustaka

cara menerbitkan buku sendiri

Perusahaan publikasi yang berada di Sleman, Yogyakarta ini banyak menampung karya tulis berbagai bentuk. Kebanyakan orang merekomendasikan perusahaan ini karena prosesnya yang mudah dan hasilnya yang memuaskan.

6. Elex Media Komputindo

Anda yang berminat untuk menerbitkan komik bisa memilih perusahaan penerbit ini. Elex Media Komputindo telah lama berkecimpung di dunia penerbitan buku. Bisa terlihat berapa banyak perusahaan yang menerima penerbitan karya bergambar.

Terlebih untuk komik dan jenis buku ilustrasi lainnya yang bisa dijual dengan harga tinggi, tentu saja keuntungan penjualan bisa terlihat di depan mata. Selain komik perusahaan ini juga masih menerima publikasi jenis karya lainnya.

7. Gagas Media

cara menerbitkan buku sendiri

Gagas Media terkenal akan publikasi buku bergenre roman atau drama. Genre yang menyasar ke pasar remaja dewasa ini banyak terbit oleh perusahaan publikasi Gagas Media. Anda yang memiliki karya serupa bisa dikirim ke perusahaan satu ini.

Karya seperti novel bisa Anda publikasikan lewat perusahaan ini. Pasar remaja dan dewasa yang luas memungkinkan karya Anda untuk diterbitkan dengan sempurna. Terlebih keuntungan dari penjualan bisa tercium.

8. DIVA Press

DVA Press tidak hanya terkenal akan kompetensinya tapi juga terkenal akan sayembaranya yang menggiurkan. Perusahaan satu ini banyak memberikan hadiah menggiurkan pada setiap pemenang lomba yang diselenggarakannya. Ini bertujuan untuk menerbitkan buku sendiri gratis.

Tidak hanya itu, perusahaan ini bisa untuk menerbitkan karya tulis pribadi. Proses yang cepat dan hasil menjanjikan bisa Anda dapatkan lewat perusahaan publikasi satu ini. Berbagai genre bisa terbit mulai dari fiksi, romansa, pembunuhan, detektif hingga buku non fiksi.

Akhir Kata

Sudah mendapat gambaran bagaimana cara menerbitkan buku sendiri? Anda juga bisa memilih salah satu dari 8 perusahaan publikasi yang direkomendasikan. Jangan lupa untuk menyiapkan naskah Anda sebaik mungkin agar hasilnya juga memuaskan.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *