Cara Mencari Jurnal Internasional

15 Likes Comment
cara mencari jurnal internasional

Dalam menulis karya tulis ilmiah tentu membutuhkan referensi yang bagus. Referensi tersebut bisa bersumber dari buku maupun jurnal. Salah satu yang cukup direkomendasikan ialah jurnal internasional. Wajar jika saat ini banyak yang mencari tahu bagaimana cara mencari jurnal internasional.

Menemukan jurnal internasional sebagai referensi tentu akan memberikan tantangan tersendiri. Terlebih ketika berusaha mencarinya lewat laman internet.

Anda harus pintar-pintar dalam mencari tahu seharusnya bisa mendapatkan jurnal internasional yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal Jurnal Internasional

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mencari jurnal internasional gratis di Google maka sebaiknya berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu sebenarnya jurnal internasional. Jurnal internasional adalah tulisan ilmiah yang dibuat penulis serta dipublikasikan secara internasional.

Jadi, target jurnal ini adalah pembaca dengan skala luas di seluruh dunia. Untuk membuat jurnal internasional maka harus mengantongi nomor ISSN dalam karya tulis tersebut. Selain itu, jurnal harus mampu melewati proses penyuntingan Dewan Editorial Internasional.

Hal lain yang tidak kalah penting dari standar jurnal internasional ialah harus sudah terindeks oleh minimal satu database internasional. Penggunaan bahasa jurnal tersebut harus sesuai dengan bahasa resmi PBB yaitu bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Perancis, Mandarin dan Rusia.

Baca Juga: Situs – Situs untuk Akses Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google

Mencari jurnal internasional di Google tentu bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Butuh kecermatan ketika memilih situs yang mampu menyediakan pilihan jurnal internasional berkualitas. Terlebih jurnal yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mencari jurnal melalui Google, yakni Google Search dan Google Scholar. Secara singkat kamu bisa ikuti caranya berikut ini.

1. Cara Cari Jurnal di Google Search

Cara ini terbilang sangat primitif, maksudnya adalah cara yang semua orang termasuk orang awam sekalipun. Karean hampir semua orang pengguna internet pasti tahu google.

Cara ini hanya untuk kamu tahu saja, namun tidak disarankan menggunakannya. Karena tidak efektif untuk menemukan jurnal ilmiah di Google Search biasa.

Jika kamu tidak percaya bahwa ini tidak efektif, mari kita coba saja. Pertama silahkan masuk ke Homepage Google.

Tuliskan kata kunci apapun yang terkait dengan jurnal, ataupun artikel ilmiah internasional. Bisa judul jurnal atau judul yang mengarah pada artikelnya.

cari jurnal internasional

Pada gambar di atas saya mencari “Jurnal Internasional Kesehatan”. Dan hasil penelusuran yang muncul jika kita scrol adalah alamat web kampus, artikel pada webiste, dan beberapa situs indexing jurnal. Bahkan malah yang muncul di awal adalah Google Scholar.

Maka secara pribadi saya tidak menggunakan google search. Seandainya kamu tetap mau pake Google Search untuk mencari jurnal, maka harus memastikan dulu judul jurnal atau judul artikecl secara tepat.

Maka kamu akan diarahkan pada website jurnal yang sesuai.

2. Tata Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Cara mencari jurnal dengan bantuan google berikutnya adalah menggunakan Google Scholar. Ini jauh lebih efektif ketimbang google search biasa. Karena google scholar atau google cendekia tercipta khusus untuk database ilmiah Google.

Google Scholar menjadi jenis layanan dari Google yang sangat memungkinkan pengguna dapat melakukan pencarian terkait materi-materi pembelajaran dalam berbagai macam format publikasi.

Layanan ini termasuk yang paling banyak orang-orang tuju untuk mendapatkan referensi jurnal internasional.

  • Untuk mencari jurnal internasional di halaman Google Scholar, maka sebaiknya buka situs tersebut terlebih dahulu. Bukalah di halaman pencarian menggunakan alamat link resminya: scholar.google.com.
  • Pada bagian tampilan awal Google Scholar, Anda akan menemukan tampilan Cari dengan bentuk persis seperti pencarian Google. Bahkan nyaris tak ada bedanya.
  • Berikutnya pada bagian kolom pencarian Anda bisa langsung memasukkan kata kunci. Misalnya, jika Anda membutuhkan jurnal internasional tentang kesehatan tinggal masukkan saja kata kunci Health Science Journal of International. Jangan lupa klik Enter.
  • Nantinya halaman Google Scholar akan menampilkan sejumlah dokumen yang relevan dengan kata kunci tersebut. Tampilannya akan persis seperti ketika Anda sedang mencari kata kunci di Google.
  • Anda bisa memilih salah satu dari pilihan jurnal internasional tersebut. Buka saja dan pelajari jurnal tersebut lebih detail. Pastikan bahwa referensi jurnal tersebut sesuai dengan kajian karya tulis ilmiah yang Anda kerjakan.
  • Klik hasil pencarian yang sesuai dan klik kanan. Berikutnya akan muncul tampilan yang menyerupai PDF. Lalu pilih file Download. Hal ini perlu dilakukan untuk mulai mengunduh jurnal yang diinginkan tersebut.

Apabila Anda ingin menemukan pencarian jurnal di Google Scholar dari yang paling update, maka bisa melakukan pengaturan berikut. Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar berikut perlu segera dicoba.

  • Untuk menemukan artikel yang baru, maka Anda bisa memilih opsi pada bagian kiri layar dengan tulisan Since Year.
  • Apabila hendak menampilkan makalah yang paling baru dan berurutan sesuai dengan relevansi, maka tinggal klik saja bagian Urutkan Berdasarkan Tanggal.
  • Jika sudah, maka klik ikon dengan bentuk amplop guna memperoleh hasil baru secara berkala dan dikirimkan ke email.

Artikel Terkait: Cara Mencari Jurnal di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Internasional Pada Situs Database Jurnal

Database jurnal atau situs pengindex jurnal ini menyediakan data banyak jurnal diseluruh dunia yang bisa diakses secara open atau gratis maupun berbayar. Mencari jurnal pada situs seperti ini jelas tepat dan lebih efektif.

Berikut ini ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan saat mencari jurnal internasional.

1. Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

cara mencari jurnal internasional

DOAJ merupakan situs yang menyediakan begitu banyak pilihan artikel ilmiah dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Directory of open access journals memberikan berbagai macam pilihan jurnal yang bisa terpercaya. Cara mencari jurnal internasional di DOAJ sangat mudah dilakukan.

  • Buka situs DOAJ terlebih dahulu. Masukkan alamat situs http://doaj.org pada kolom pencarian halaman internet. Jangan lupa klik Enter.
  • Saat masuk ke halaman utama DOAJ, maka berikutnya pada kolom pencarian masukkan kata kunci jurnal berbahasa Inggris yang ingin ditemukan. Misalnya, Advances in Accounting. Kemudian klik Enter.
  • Pilih jurnal mana yang diinginkan dan klik.
  • Berikutnya akan tampil ringkasan jurnal tersebut. Biasanya berupa Abstract.
  • Pada bagian atasnya nanti Anda akan menemukan Full Text. Klik opsi tersebut untuk memulai unduhan. Akan tetapi, sebaiknya Anda menginstal IDM terlebih dahulu guna memudahkan unduhan.
  • Jika sudah memiliki IDM, maka bisa langsung mengunduh jurnal internasional tersebut dan lanjutkan penulisan karya tulis ilmiah Anda dengan menjadikannya sebagai rujukan.

2. Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Scopus merupakan situs yang tidak asing lagi bagi mahasiswa yang ingin mencari sumber referensi untuk karya tulis mereka. Scopus merupakan tempat pangkalan data pustaka dengan isian abstrak artikel dari berbagai jurnal akademik. Cara mencari jurnal internasional terindeks Scopus juga mudah.

  • Cek terlebih dahulu daftar jurnal yang telah terindeks di Scopus lewat website SCIMAGOJR. Caranya dengan memasukkan alamat link scimagojr.com dan klik Enter.
  • Jika diberi pilihan, maka tinggal pilih saja studi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Anda dapat memilih pada bagian Subjects dan wilayah yang sesuai.
  • Setelah menemukan jurnal internasional yang sesuai dengan kebutuhan, maka berikutnya tinggal cari menu Download atau Full PDF.
  • Cara ini tentu sangat mudah dilakukan, bukan?

3. Cara Mencari Jurnal Internasional di Sciencedirect

cara mencari jurnal internasional

Tempat lain untuk bisa menemukan jurnal internasional terbaik ialah Sciencedirec. Anda bisa langsung mengakses sciencedirect.com pada bagian home page dan menemukan berbagai macam pilihan seperti issue, volume, journal or book, author name, page dan keyword.

Anda bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut dan menemukan pilihan jurnal internasional sesuai kebutuhan dengan sangat praktis.

Sebagai saran dalam menemukan jurnal internasional ialah dengan memanfaatkan fitur tahun. Pilihlah kisaran tahun yang sesuai kebutuhan.

Cari jurnal internasional di sciencedirect ini gampang – gampang susah, karena kamu harus berhadapan dengan banyak jurnal yang berbayar. Untuk tetap bisa mendownload jurnal yang berbayar secara gratis kamu bisa ikuti cara pada beberapa artikel berikut ini:

Baca Juga: Cara Download Jurnal Internasional Gratis

4. Cara Mencari Jurnal di PUBMED

Cara untuk menemukan jurnal internasional yang berikut nya adalah melalui Pubmed. Situs ini lebih tepat untuk kamu yang sedang mencari jurnal dengan topik atau bidang ilmu – ilmu kesehatan.

cari jurnal internasional

Kamu tinggal masukan kata kunci pada kolom pencarian tentang topik jurnal yang sedang Anda cari. Tentu harus dalam bahasa inggris ya. Manfaatkan fitur filter untuk menmukan jurnal yang lebih spesifik.

Cara Mencari Jurnal Internasional untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi

cara mencari jurnal internasional

Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk mencari jurnal untuk referensi penulisan skripsi. Selain bisa mengakses ke beberapa situs ternama pencarian jurnal terbaik Indonesia seperti Perpusnas RI dan LIPI.go.id.

Maka Anda juga dapat menemukan jurnal tersebut lewat cara yang lebih simpel yaitu:

1. Bertanya Lewat Dosen Pembimbing

Cara paling efektif untuk menemukan jurnal internasional secara mudah adalah lewat dosen pembimbing. Bahkan ini banyak yang klaim sebagai salah satu cara mencari jurnal internasional gratis yang paling efektif.

Yang terpenting, jangan takut untuk bertanya kepada dosen pembimbing Anda. Dan ini adalah cara yang pernah saya lakukan sendiri saat menemui kebuntuhan dalam menyusun tugas akhir. Maka manfaatlah pembimbing Anda.

2. Bertanya Lewat Teman dengan Satu Konsentrasi

Terakhir, Anda bisa bertanya lewat teman yang satu konsentrasi. Dengan saling berbagi bersama teman, tentu akan membuat Anda semakin kaya akan informasi.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh banyak opini yang sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap hati – hati ya untuk pakai cara ini, karena tidak semua teman kamu akan memberikan hasil yang tepat.

Akhir Kata

Menemukan jurnal internasional kini bisa dilakukan dengan berbagai macam pilihan cara terbaik. Bisa lewat situs Google Scholar, DOAJ, Scopus, Sciencedirec, bertanya lewat dosen pembimbing hingga teman satu konsentrasi. Pilih saja yang menurut Anda paling mudah dan praktis dilakukan.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal