Cara Mencari Jurnal di Scopus

7 Likes Comment
cara mencari jurnal scopus

Bagi kalangan akademisi baik pelajar, dosen, dan peneliti sudah familiar dan biasa mendengar kata scopus. Kebutuhan akan scopus untuk menyesaikan tugas akhir, penelitian, kenaikan pangkat pendidikan dan lain – lain. Dengan begitu maka kamu perlu tahu cara untuk mencari jurnal scopus.

Sejauh ini Scopus menjadi sumber pertama yang terlintas di pikiran banyak orang saat akan mencari referensi jurnal, baik di bidang ilmiah maupun non ilmiah. Tapi apa sih Scopus itu dan bagaimana cara mencari jurnal di scopus?

Tentang Scopus dan Cara Mencari Jurnal Internasional Scopus Gratis

cara mencari jurnal di scopus

Scopus merupakan database jurnal terbesar setidaknya sampai saat ini, yang kemudian banyak direkomendasikan sebagai sumber untuk mencari jurnal referensi dalam bidang sains dan ilmu sosial.  ​Saat ini Scopus berisi sekitar 22.000 judul jurnal yang diterbitkan oleh sekitar 5000 penerbit berbeda.

Puluhan ribu jurnal ini membahas banyak bidang mulai dari ilmu fisika, ilmu sosial, ilmu kehidupan dan kesehatan, ilmu bumi dan lingkungan, manajemen, bisnis, teknik, ilmu psikologi, dll. Meskipun tidak seluruhnya, tapi kebanyakan jurnal yang ada di Scopus sudah terindeks.

Link Terkait: Situs Jurnal Internasional

Maksud dari terindeks sendiri adalah ketika sebuah jurnal diterbitkan secara resmi oleh suatu lembaga atau penerbit tertentu (baik yang ada di bawah naungan perguruan tinggi ataupun tidak) dan jurnal tersebut sudah mendapatkan “akreditasi” dari pihak yang memiliki hak untuk mengeluarkan “akreditasi”.

Bisa dibilang bahwa jurnal-jurnal yang sudah terindeks ini merupakan jurnal dengan kualitas tinggi dan bahkan termasuk jurnal bagus di skala internasional. Ada dua cara mengetahui jurnal terindex Scopus atau tidak, yaitu:

1. Cara Mencari Jurnal Scopus di Situs Resmi nya

cara mencari jurnal di scopus
  • Buka situs resmi Scopus di https://www.scopus.com/.
  • Arahkan kursor mouse ke pojok kanan atas, lalu pilih “Create account” jika Anda belum memiliki akun dan klik “Sign in” jika Anda sudah memilikinya.
  • Setelah berhasil masuk ke akun dan pada tampilan home, klik tulisan “Source” yang ada di barisan atas layar komputer.
  • Pada tampilan berikutnya, klik “tanda panah kecil” yang ada di bawah tulisan “Source” untuk menampilkan menu drop-down. Sebagai contoh, Anda bisa pilih “Title”, lalu masukkan nama jurnal di kolom “Enter title”. Kemudian klik tombol “Find sources” atau tekan tombol “Enter” dari keyboard.
  • Setelah nama jurnal yang Anda cari muncul di layar, ketik judul jurnal untuk membuka seluruh halamannya dan lihat tahun coverage dari jurnal tersebut.
  • Jika sudah terindeks, bagian “Scopus coverage years” pada jurnal tersebut akan menunjukkan awal pengindeksan dan ada tanda “Present”.

Selain memilih title tadi, Anda juga bisa memilih opsi lain yang meliputi ISSN, subject area, dan publisher. Subject area adalah cabang ilmu dari jurnal yang Anda cari. Misalnya Anda mencari jurnal bidang Farmasetika, maka subject area jurnal ini meliputi pharmaceutics, toxicology, dan pharmacology.

Sedangkan publisher adalah nama penerbit dari jurnal tersebut, misalnya yang terkenal adalah Wiley, Elsevier, dan Springer. Jadi selain mencari jurnal dengan memasukkan judul jurnal, Anda juga bisa menemukannya dari nama penerbit.

Sementara ISSN adalah singkatan dari International Standard Serial Number, yaitu kode unik berupa 8 digit angka yang berfungsi sebagai kode identifikasi jurnal, surat kabar, dan majalah yang telah dipublikasi secara berkala, baik di media elektronik maupun cetak.

Artikel Terkait: Cara Download Jurnal Internasional

2. Cek di Homepage Jurnal yang Bersangkutan

Cara mencari jurnal internasional di scopus yang kedua ini juga cukup mudah tapi ada syarat mutlak yang harus dipenuhi, yaitu Anda harus tahu judul lengkap dari jurnal yang dicari. Sedangkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai contoh, nama jurnal yang dicari adalah “International Journal of Electrical and Computer Engineering”. Langsung saja ketik nama jurnal ini di pencarian Google dan buka situs resmi jurnalnya.
  • Selanjutnya klik menu “About” lalu pilih “Policy” dan pilih “Abstracting and Indexing”. Anda akan melihat daftar indexing dari jurnal tersebut. Jika muncul nama Scopus, maka jurnal ini sudah terindeks di Scopus.

Akhir Kata

Scopus tidak hanya berisi jurnal-jurnal dalam negeri tapi juga berbagai negara lain di dunia. Cara mencari jurnal internasional di Scopus tidak jauh berbeda seperti dua metode di atas. Selamat mencoba dan terimakasih.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *