Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

16 Likes Comment
cara mencari jurnal di google scholar

JIka kamu sedang mencari cara untuk menemukan jurnal di Google Cendekia maka kamu sedang berada di artikel yang tepat.

Google Cendekia adalah versi Indonesia dari Google Scholar yang berguna untuk mencari berbagai karya tulis ilmiah hanya dengan sekali ketik. Jika kamu belum tahu tentang scholar silahkan baca informasi tentang apa itu google scholar.

Meskipun Google Cendekia sudah di desain dengan sederhana, masih banyak yang  tidak mengetahui cara mencari jurnal di google cendekia.

Adanya situs ini tentunya sangat memudahkan para akademisi dan peneliti untuk mencari referensi tambahan terkait tulisan ilmiah yang akan mereka kerjakan.

Oleh sebab itu, cara mencarinya harus sesuai dengan prosedur standar agar mudah untuk siapaun lakukan dan bisa kita download.

Artikel Terkait: Cara Upload Jurnal di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

cara mencari jurnal di google cendekia

Secara umum, ada dua jenis artikel yang bisa kita cari menggunakan Google Cendekia ini. Pertama adalah jurnal nasional yang penerbit dan penulisnya dari lokal . Kedua, jurnal internasional yang penulisnya oleh peneliti dari berbagai negara menggunakan bahasa Internasional.

Adapun cara mencari jurnal di google cendekia/scholar sesuai jenis jurnalnya adalah sebagai berikut.

1. Cara Mencari Jurnal Nasional di Google Scholar

cara mencari jurnal di google cendekia

Langkah-langkah mencari jurnal nasional menggunakan mesin pencari Google Cendekia adalah :

Masuk ke Halaman Resmi Versi Indonesia

Khusus untuk pengguna di Indonesia, sebenarnya Google Scholar sudah memiliki alamat khusus yang bisa diakses yakni https://scholar.google.co.id/. Penambahan .id setelah alamat utama Google Scholar ini akan langsung mengarahkan pengunjung untuk masuk ke halaman berbahasa Indonesia.

Masukkan Judul

Sama dengan halaman utama Google, pada Google Cendekia akan langsung tersedia kolom pencarian sesuai dengan keinginan penulisnya. Masukkan judul atau kata kunci terkait jenis jurnal nasional yang diinginkan.

Cukup gunakan jurnal berbahasa Indonesia untuk memfokuskan pencarian pada jurnal nasional.

Download Versi PDF

Ketika jurnal yang diinginkan sudah ditemukan, biasanya beberapa jurnal akan langsung menampilkan link download pdf saat tampil pada halaman pencarian.

Untuk jurnal yang tidak menampilkan link ini pada hasil pencarian, bisa di klik terlebih dahulu judul artikelnya. Halaman selanjutnya akan menampilkan abstrak dan referensi dari jurnal tersebut. Pada bagian tengah akan ada tulisan PDF berwarna hitam, klik tulisan tersebut.

Pengunjung akan diarahkan kembali pada halaman khusus untuk download PDF. Klik download dan jurnal yang diinginkan sudah masuk proses download.

2. Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

cara mencari jurnal di google cendekia

Jurnal internasional sebenarnya kurang maksimal dijadikan bahan referensi karena pembahasannya yang masih sangat umum dan kurang terperinci. Namun, jurnal ini memiliki kelebihan dari pembahasannya yang lebih luas karena menggunakan sudut pandang dari peneliti di luar negeri.

Sebelum memutuskan untuk mencari jurnal internasional melalui Google Schoolar, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu kriteria jurnal Internasional sebagai tolak ukurnya. Adapun kriteria tersebut meliputi :

  • Ditulis menggunakan bahasa Internasional atau bahasa yang sudah diresmikan oleh PBB, di antaranya bahasa Inggris, Arab, Tiongkok, Prancis, Rusia, dan Spanyol.
  • Sudah memiliki nomor ISSN yang terdaftar.
  • Ditulis secara ilmiah menggunakan teori keilmuan dan memenuhi kaidah ilmiah.
  • Sudah memiliki terbitan versi online dan offline.
  • Dewan redaksi dari jurnal tersebut minimal berasal dari 4 negara yang berbeda.
  • Penulis dari jurnal ilmiah tersebut maksimal juga berasal dari 4 negara berbeda.
  • Terindeks dalam beberapa situs penyedia karya ilmiah berkualitas seperti Scopus, ataupun Ditjen Dikti.

Apabila sudah memiliki kriteria tersebut sebagai tolak ukurnya, barulah jurnal internasional bisa kita cari. Berikut cara mencari jurnal internasional di google scholar/cendekia :

Masuk Website Google Scholar

Untuk merincikan pencarian pada berbagai jurnal internasional, maka alamat yang akan kita kunjungi juga harus berstandar  internasional yakni di https://scholar.google.com.

– Cari dengan Cara yang Benar

Pada kolom pencarian, ketikkan kata kunci, penulis, penerbit, ataupun judul jurnal Internasional yang sedang kita cari. Cara yang tepat dalam melakukan pencarian ini adalah dengan menulis kata kunci yag tidak lebih dari 5 kata.

– Download Jurnal yang Diinginkan

Setelah masuk dalam pencarian, otomatis semua judul artikel terkait kata kunci yang sudah kita ketik sebelumnya akan di tampilkan. Pastikan untuk melihat referensi dan nama penulis untuk menyesuaikan jurnal tersebut dengan kriteria internasional.

Agar lebih mudah, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu judul jurnal yang kita maksud pada Scopus dan sejenisnya. Kalau terindeks, proses download PDF bisa dilanjutkan dengan mengetik tulisan download PDF pada halaman jurnal.

Sesuaikan Tahun Terbit dengan Kebutuhan

Biasanya jurnal yang dijadikan referensi berasal dari jurnal terbaru yang diterbitkan tidak lebih dari 3 tahun yang lalu. Untuk bisa mengetahui tahunnya, cari artikel pada koleksiku yang sudah pernah disimpan. Pada bagian ini akan tertera tahun publikasi dari jurnal tersebut, pilih sesuai keinginan. 

Cara Mencari Jurnal Selain Google Scholar

Selain Google Scholar, ada banyak situs lainnya yang bisa kita gunakan untuk mencari jurnal yang sedang kamu butuhkan. Situs tersebut juga bisa kita sesuaikan dengan jenis jurnal yang ingin di unduh, baik jurnal internasional ataupun nasional seperti berikut.

1. Cara Mencari Jurnal Nasional Selain dengan Google Scholar

Ada banyak sekali situs yang menyediakan jurnal nasional berkualitas dan bisa siapapun mengaksesnya dengan mudah. Beberapa di antaranya adalah :

– Indonesian Scientific Journal Database

cara mencari jurnal di google cendekia

Situs ini tidak hanya menyediakan berbagai jurnal nasional yang sudah terbit di Indonesia, namun juga memiliki kelebihan dari adanya statistik data jurnal yang masuk setiap tahunnya. Langkah mencarinya cukup mudah.

Pertama masuk ke alamat http://isjd.pdii.lipi.go.id/. Selanjutnya ketikkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Terakhir klik tombol search atau enter, dan berbaga judul jurnal sesuai kata kunci akan tampil.

– Academia.edu

Situs ini sebenarnya juga bisa kita gunakan untuk mencari jurnal internasional, hanya saja kelengkapan dan kualitasnya masih kalah dengan jurnal internasional di situs jurnal lainnya.

Untuk mencari jurnal nasional di situs ini harus dengan mendaftar atau masuk akun terlebih dahulu, bisa dengan google ataupun facebook. Setelah masuk, barulah jurnal yang kita inginkan bisa langsung kita cari pada kolom pencarian.

– Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Situs resmi perpustakaan nasional di Indonesia adalah di https://www.perpusnas.go.id/. Pada halaman utamanya, pilih tab yang bertuliskan koleksi digital.

Pada halaman tersebut akan ada banyak pilihan koleksi. Klik koleksi yang berisi tulisan Open Journal Perpusnas. Anda akan langsung mengarah pada halaman khusus untuk mencari jurnal nasional yang sifatnya terbuka.

Ketik judul atau jurnal yang kamu inginkan pada kolom pencarian, secara otomatis koleksi jurnal nasional yang kamu inginkan akan tersedia dan bisa kita baca secara gratis atau free.

2. Cara Mencari Jurnal Internasional Selain dengan Google Cendekia

Untuk jurnal internasional sendiri, beberapa situs yang cukup direkomendasikan dalam mencari jurnal Internasional berkualitas adalah :

– Science Direct

cara mencari jurnal di google cendekia

Situs ini sudah terkenal di kalangan peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Selain menyediakan jurnal berbayar, tersedia juga beberapa jurnal yang bisa kita akses secara terbuka dan sifatnya gratis. Cara mencarinya bisa langsung menuliskan kriteria pada kolom pencarian.

– Emerald Insight

Sebagian besar jurnal yang tersedia di sini sifatnya berbayar. Namun ada beberapa cara rahasia yang bisa kita lakukan untuk mendownload jurnal di sini secara gratis. Ikuti caranya pada artikel lainnya: Cara Download Jurnal Internasional Berbayar.

– Directory of Open Access Journals

cara mencari jurnal di google cendekia

Situs ini biasa kita kenal dengan nama DOAJ. Sesuai dengan namanya, semua jurnal yang tersedia di sini bersifat open access sehingga bisa kita download langsung secara gratis.

Akhir Kata

Walaupun ada banyak cara untuk mencari jurnal ilmiah, namun cara mencari jurnal di google cendekia lebih umum dan sudah familiar serta banyak orang ketahui.

Penyebabnya adalah karena proses mencarinya yang mudah serta nama situs ini yang sangat resmi karena berasal dari turunan mesin pencari Google atau bagian dari produk google.

Semoga kamu mendapatkan manfaat dari artikel ini. Suka dengan pembahasan seputar jurnal ilmiah? Kunjungi terus edukasiana.net

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal