Cara Membuka Jurnal yang Terkunci

8 Likes Comment
cara membuka jurnal yang terkunci

Bagaimana sih cara membuka jurnal yang terkunci? Inilah salah satu pertanyaan yang sukses membuat galau banyak orang yang sedang membutuhkan referensi jurnal penting tapi ternyata jurnal tersebut dalam keadaan terkunci.

Rata – rata jurnal yang terkunci atau tidak Open Accsess adalah situs jurnal internasional bereputasi seperti ScienceDirect, Thomson Reuters, dan Emerald Insight.

Namun tidak usah khawatir karena jurnal tersebut tetap bisa kamu download PDF nya, Kamubisa temukan jawabannya di bawah ini.

Cara Membuka Jurnal yang Terkunci

cara membuka jurnal yang terkunci

Saat ini jurnal menjadi salah satu sumber terpenting dalam membuat karya ilmiah. Hal ini karena jurnal mengandung informasi valid dan isinya sangat lengkap mulai dari studi literatur, survei, laporan penelitian, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, kemunculan internet yang persebarannya semakin merata ke berbagai daerah juga sangat membantu dalam mencari dan menemukan jurnal dengan lebih cepat. Tapi sayangnya, ada beberapa jurnal yang tidak bisa sembarang orang akses atau terkunci.

Biasanya, jurnal yang seperti ini mengharuskan Anda untuk upgrade ke akun premium agar bisa mengaksesnya. Tapi bagi Anda yang kebetulan tidak atau belum memiliki budget lebih untuk menjadi member berbayar, Anda bisa gunakan cara membuka jurnal pdf yang terkunci seperti berikut ini:

  • Buka browser dari laptop dan cari jurnal yang Anda butuhkan dari sumber yang terpercaya. Sebagai contoh saja, Anda bisa buka halaman berikut: https://apastyle.apa.org/style-grammar-guidelines/references/examples/journal-article-references
  • Pada halaman di atas, perhatikan kotak berwarna biru muda dan temukan URL yang mengandung tulisan “DOI” (Digital Object Identifier).
  • Setelah menemukan link yang mengandung DOI tadi, coba copy salah satu link tersebut lalu buka situs resmi “sci-hub” di https://sci-hub.se/.
  • Pada kolom yang sudah disediakan, paste link tadi dan tekan tombol “Enter” atau klik tombol “Open” dengan logo kunci yang ada di sebelah kanan kolom.
  • Sesaat setelahnya, jurnal yang terkunci tadi akan terbuka dan bisa Anda akses secara bebas tanpa perlu upgrade ke akun premium. Anda juga bisa download jurnal ini dengan mencari dan klik ikon “Download” (gambar tanda panah ke bawah).

Sebagai informasi tambahan, DOI adalah kode kombinasi huruf, angka, dan simbol yang digunakan secara permanen untuk mengidentifikasi sebuah artikel atau dokumen yang sudah terakreditasi dan agar pembaca bisa dengan mudah menemukan dokumen tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa kunci dari cara ini adalah Anda harus bisa menemukan link DOI dari jurnal yang Anda butuhkan.

Cara Membuka Jurnal yang Terkunci di Google Scholar

Jika Anda kesulitan untuk menemukan jurnal di pencarian Google biasa, maka Anda bisa gunakan Google Scholar. Secara sederhana, Google Scholar adalah salah satu layanan dari Google yang akan mempermudah Anda untuk menemukan materi-materi khusus termasuk jurnal-jurnal ilmiah online.

Ibarat mencari kue di mall, Anda harus berkeliling mall dulu untuk menemukan toko kue. Tapi jika Anda langsung datang ke toko kue yang ada di luar mall. Maka Anda akan lebih cepat mendapatkan kue, bukan? Cara download jurnal di Google Scholar adalah sebagai berikut:

  • Buka https://scholar.google.com/ dari browser.
  • Masukkan judul jurnal atau ketik kata kunci yang terkait dengan jurnal yang Anda cari di kolom yang sudah disediakan, lalu tekan “Enter”.
  • Mirip seperti Google biasa, sekarang layar laptop akan menampilkan beberapa pilihan jurnal yang relevan. Cobalah klik satu per satu dan cek isinya.
  • Jika sudah menemukan jurnal yang tepat, Anda bisa langsung klik link pdf dan file jurnal akan terdownload otomatis.
  • Sekarang buka https://smallpdf.com/unlock-pdf dan upload file pdf tadi ke situs ini.
  • Selanjutnya situs akan menghapus proteksi password dari dokumen sehingga dokumen dapat kita lihat dan edit tanpa password. Jika proses penghapusan sudah selesai, Anda bisa download PDF yang tidak terkunci ke laptop Anda.

Akhir Kata

Menggunakan Google Scholar ataupun Google biasa, cara membuka jurnal yang terkunci bisa Anda lakukan seperti langkah-langkah di atas. Jadi sekarang Anda tidak harus membayar atau upgrade akun premium untuk mengakses jurnal yang terkunci.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *