Cara Membuat Sampul Buku

2 Likes Comment
cara membuat sampul buku

Sampul buku banyak digunakan agar cover asli bawaannya tidak cepat rusak. Sampul bisa dibuat dari bahan apa pun namun kebanyakan menggunakan material mika agar lebih mudah dibentuk dan tahan lama. Anda tentu bisa membuat sampul sendiri karena cara membuat sampul buku terbilang mudah.

Kelebihan dari membuat sampul sendiri yakni hasil yang lebih sempurna dan lebih memuaskan. Anda juga bisa memanfaatkan material yang tersedia untuk membuat sampul buku unik. Selain itu kebebasan membuat cover juga bisa dirasakan sendiri.

Cara Membuat Sampul Buku

cara membuat sampul buku

Anda juga bisa membuat sampul buku sendiri. Tidak perlu mahal memesan terlebih nama menunggu pesanan, Anda bisa membuat sampul buku dengan bahan yang tersedia di dalam rumah. Yang terpenting yakni material sampul dan bahan perekat. Berikut cara membuat sampul buku sederhana:

1. Siapkan Buku yang Hendak Disampul

Pertama siapkan buku yang hendak diberi sampul buku. Baiknya gunakan buku yang masih memiliki hard cover utuh. Bila tidak ada sebaiknya tidak perlu memberikan sampul tersebut karena akan sulit menempelkannya.

Pastikan juga cover masih melekat dengan baik. Ini dilakukan agar sampul buku tulis yang dipasangkan menempel dengan baik.

Artikel Menarik: Pembahasan Lengkap Buku Non Fiksi

2. Siapkan Material Sampul Buku

Selanjutnya siapkan material sampul, Jangan bingung memilih material sampul buku karena Anda bisa menggunakan material apa pun. Mulai dari kerta bekas, koran, plastik mika hingga kertas jenis lainnya seperti kertas kado.

Bila memungkinkan sesuaikan material sampul dengan konsep desain. Namun bila tidak memungkinkan tidak masalah karena Anda masih bisa mengematkan dekorasi lainnya di akhir proses penyampulan buku.

3. Buat Pengukuran

Pengukuran itu harus supaya proses penempelan sampul bisa dilakukan dengan cepat. Ukurlah material sampul agar sesuai dengan ukuran buku. Lebihkan maksimal 2.5 cm untuk memudahkan proses pelipatan sampul.

Pengukuran sebisa mungkin dilakukan dengan tepat. Bila tidak yakin mengukur secara manual Anda bisa menggunakan aplikasi tertentu seperti corel, photoshop atau canva.

4. Gunting Bahan Sampul dan Terapkan pada Buku

Potonglah berdasarkan garis luar yang telah dibuat saat pengukuran, harus sesuai garis yang telah dibuat. Usahakan untuk menggunting sampul dengan rapi agar tidak mengulang proses pengguntingan untuk kedua kalinya.

Bila perlukan gunakan mesin khusus pemotong kertas. Bisa juga Anda memotong bahan sampul dengan cutter. Cara bisa menyesuaikan dengan material sampul seperti pada kain atau kardus tebal Anda  bisa menggunakan benda yang lebih tajam.

5. Rapikan dan Beri Perekat

Setelah digunting menyerupai garis tepi rapikan hingga ukurannya sama. Sampul yang rapi siap dilekatkan pada cover buku. Sesuaikan sampul buku lalu beri lipat pada bagian sisinya dan beri perekat di titik tertentu.

Perlu Anda paham, jangan menggunakan perekat pada semua sisi sampul karena hanya akan membuat hasilnya buruk. Gunakan perekat hanya pada ujung ujung dan bagian tengah pinggiran bukunya saja.

Cara Membuat Sampul Buku di Word

cara membuat sampul buku

Membuat sampul atau cover buku juga bisa dilakukan dengan Microsoft word. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila tidak bisa menggunakan photoshop atau corel draw. Berikut caranya:

  • Untuk membuat sampul buku digital, buka Microsoft Word dan pilih blank document, sesuaikan ukuran kertas dengan ukuran buku. Anda bisa memilih dan meriset pengaturan ukuran kertas di bagian ‘layout
  • Buatlah desain sesuai dengan ide yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan fitur freehand untuk menggambar pada layer layaknya menggunakan pulpen.
  • Bila ingin mengambil gambar dari internet download terlebih dahulu gambar cover, setelah terdownlod klik insert dan pilih picture, lalu pilih this device untuk memilih gambar.
  • Gunakan mode warp in text untuk lebih leluasa menggeser dan menumpuk gambar dengan cara klik kanan pilih wrap in text.
  • Setelah desain selesai dibuat Anda bisa mencetak desain tersebut dan mulai pemasangan pada buku. Gunakan perekat hanya pada titik tertentu agar hasilnya rapi.

Selain di mis. word Anda juga bisa menggunakan aplikasi sederhana lainnya seperti photoshop atau corel draw. Anda juga bisa menggunakan desain cover yang sudah jadi dengan menggunakan aplikasi canva. Aplikasi ini juga bisa kita akses lewat web secara online.

Cara Membuat Sampul Buku Aesthetic, Unik dan Kreatif

aldo faisal umam

Kesan estetik, unik dan kreatif bisa terlihat lewat sampul buku. Sampul bisa mempengaruhi kesan yang melihatnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sampul kekinian. Berikut caranya:

1. Gunakan Material Sampul Tidak Biasa

Sampul biasanya terbuat dari plastik mika. Namun Anda bisa menggunakan sampul dengan material lainnya untuk menciptakan sampul yang lebih uni. Anda bisa menggunakan material yang ada di rumah atau membeli material unik di toko terdekat.

Kertas kado glowsy atau kertas kado bisa jadi salah satu material yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan koran dengan tulisan yang sama kecilnya untuk selanjutnya tempel gambar tertentu. Kesan classy juga bisa timbul dari penggunaan koran berfont kecil.

2. Pilih Warna Tone Earth

Anda juga bisa memilih warna berjenis tone earth yang berkisar pada warna coklat, hijau, biru hingga jingga. Warna lembut ini dapat menimbulkan kesan estetik tanpa harus menambahkan ornamen lainnya.

Nanti Anda bisa menggunakan tambahan gambar atau tempelan yang lebih bertekstur. Inilah yang membuat sampul buatan sendiri semakan terlihat unik. Anda juga bisa memilih simpul dengan tekstur tertentu.

3. Gunakan Sentuhan Desain Kekinian Di Satu Sudut

Bagi Anda yang suka menempel gambar atau menambahkan ornamen tertentu tentu saja bisa melakukannya. Simpan ornamen tersebut di bagian pojokkan. Bisa juga ditempatkan tunggal di tengah tengah.

Jangan menambah terlalu banyak tempelan karena bisa merusak konsep sampul. Penempatan di satu sisi merupakan hal penting dalam pembuatan sampul ini agar tidak terlalu terlihat monoton atau terlalu ramai.

4. Gunakan Font Unik untuk Kesan Unik

Selain tempelan seperti stiker atau ornamen lainnya Anda bisa menggunakan font unik untuk menekankan kesan unik. Penggunaan font unik bisa menolong Anda yang tidak menyukai desain tempelan.

Font unik dan estetik yang bisa Anda gunakan seperti lemon milk, wishful waves, shorelines, royal acid, keep on truckin dan lainnya. Masih banyak font unik lainnya yang bisa Anda unduh dan gunakan untuk menambah kesan sampul buku aesthetic.

5. Gunakan Stiker Desain Unik sesuai Konsep

Terakhir, gunakan desain stiker unik sesuai konsep. Sedikit tips gunakan stiker dengan desain ramai untuk sampul yang plain. Begitu pula sebaliknya, gunakan stiker plain untuk sampul yang sudah memiliki patern tersendiri.

Penyesuaian jenis stiker dengan konsep harus sesuai agar kesan estetik Nampak pada sampul. Gunakan juga sampul plastik untuk melindungi permukaan yang sudah di buat.

Akhir Kata

Cara membuat sampul buku estetik di atas bisa coba Anda lakukan. Tidak perlu bahan mahal, gunakanlah barang bekas yang ada dan berikan sentuhan kreatif. Bisa jadi bidang ini menjadi ladang uang bila Anda tekuni secara baik.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *