Cara Download Jurnal Internasional

7 Likes Comment
download jurnal internasional

Cara download jurnal internasional bisa dengan mengunduhnya melalui situs jurnal internasional secara langsung. Namun kesulitannya adalah seringkali jurnal terkunci. Nah, artikel ini akan membantumu buka kunci jurnal internasional yang berbayar.

Jurnal internasional memang selalu menjadi daya tarik banyak peneliti dan akademisi. Selain menambah wawasan keilmuan, jurnal internasional juga bisa kita jadikan referensi penelitian berkualitas.

Tidak heran kalau banyak orang mencari tahu cara download jurnal Internasional. Termasuk salah satunya saya sendiri sering mencari jurnal internasional untuk kebutuhan kuliah.

Sayangnya, meskipun bisa kita unduh dengan mudah, beberapa jenis jurnal baru bisa di download setelah melakukan pembayaran.

Ini tentu tidak menjadi kendala besar bagi peneliti yang benar-benar niat dan punya modal. Hal terpenting adalah kualitas dari isi jurnal yang akan kita baca.

Link Terkait: Situs – Situs Untuk Akses Jurnal Internasional

Cara Download Jurnal Internasional di Google Schoolar

cara download jurnal internasional

Google Schoolar merupakan salah satu sinus yang sangat akrab di kalangan peneliti dan akademisi. Sesuai namanya, Google Schoolar ini memang masih turunan dari Google. Tidak heran kalau cara kerjanya masih sama dengan Google pada umumnya.

Hanya saja, Google Schoolar ini memberikan mesin pencarian yang fokus mencari karya ilmiah dan berbagai materi pembelajaran yang akademisi ataupun peneliti butuhkan.

Untuk semua bidang ilmu berupa jurnal online yang kita butuhkan bisa di cari menggunakan situs ini.

Adapun cara download jurnal internasional secara gratis pada jurnal yang sudah ditemukan melalui situs Google Schoolar adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan halaman resmi Google Schoolar pada alamat pencarian, yakni di https://schoolar.google.com.
  2. Pada halaman utamanya, akan ada kolom pencarian yang mirip dengan google. Lalu klik judul jurnal atau kata kunci yang kita mau pada kolom tersebut, tekan enter.
  3. Secara otomatis halaman akan menampilkan berbagai karya dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan pada kolom pencarian.
  4. Klik salah satu halaman yang memiliki judul paling tepat dan sesuai keinginan. Pastikan untuk mengklik halaman yang berbentuk PDF dan ditandai dengan adanya tulisan PDF pada hasil pencarian.
  5. Setelah di klik, akan muncul jurnal dalam bentuk PDF secara online. Meskipun bisa di baca, tetapi jurnal itu masih belum tersimpan dan hanya bisa kita lihat saat online.
  6. Arahkan kursor pada tanda download dengan simbol panah ke bawah pada bagian kanan atas halaman PDF.
  7. Klik tanda tersebut, dan Anda akan di arahkan untuk menyimpan jurnal pada lokasi file yang diinginkan dalam komputer.
  8. Pilih lokasi file yang diinginkan, lalu klik ok.
  9. Jurnal ilmiah dalam bentuk PDF sudah berhasil didownload. Tunggu sampai proses selesai.

Cara Download Jurnal Internasional di Sciencedirect

Science direct ini merupakan salah satu situs jurnal yang berada di bawah penerbit kelas atas di dunia. Tidak heran kalau berbagai jurnal berkualitas di seluruh dunia tersedia di situs ini. Bahkan sebagian besar peneliti dari semua kalangan mencari referensi bacaan melalui science direct.

Apabila tertarik untuk mencari jurnal di situs ini, berikut cara download jurnal internasional di sciencedirect :

  1. Masuk ke halaman resminya di https://www.sciencedirect.com.
  2. Pada kolom pencarian yang ada masukan keyword, judul jurnal, atau penulis jurnal yang kita inginkan, lalu tekan tombol search.
  3. Setelah itu akan muncul banyak artikel dan jurnal ilmiah pada mesin pencarian, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  4. Untuk jurnal yang sifatnya open access, maka ada tombol download pdf pada hasil pencarian jurnal tersebut, klik tulisan tersebut.
  5. Secara otomatis, halaman pdf online akan langsung terbuka.
  6. Klik tombol download di pojok kanan atas jurnal, maka download akan segera di proses.
  7. Tunggu sampai proses selesai.

Cara Download Jurnal Internasional dari Emerald Insight

cara download jurnal internasional

Walaupun masih kalah populer dengan science direct, emerald insight juga menjadi sumber jurnal internasional yang cukup berkualitas.

Semakin baik kualitas dari jurnal yang tersedia pada situs ini, semakin mahal harga yang harus kita bayar untuk mendownloadnya.

Namun ada beberapa jurnal yang sifatnya terbuka dan bisa di unduh secara gratis. Berikut cara download jurnal internasional :

  1. Kunjungi alamat resmi situs ini di https://www.emerald.com/insight/.
  2. Pengunjung akan langsung masuk ke halaman utamanya dan tersaji pada kolom pencarian untuk mencari berbagai karya ilmiah.
  3. Pada kolom tersebut, tulis judul atau jenis jurnal yang ingin kita cari, lalu tekan tombol enter atau klik search.
  4. Jurnal yang diinginkan akan ditampilkan pada halaman pencarian. Untuk bisa mendownload atau membeli jurnal, pastikan untuk masuk menggunakan akun yang diinginkan.
  5. Apabila menggunakan akun kampus yang sudah berlangganan, bisa mengisi kolom institusi access option. Sebaliknya apabila pribadi, bisa memasukkan alamat email dan password.
  6. Dengan akun tersebut, barulah jurnal yang kita inginkan bisa di download.
  7. Untuk yang sifatnya gratis, biasanya proses download akan langsung berjalan saat mengklik tulisan download PDF.

Cara Download Jurnal Internasional Berbayar

Secara umum, proses download jurnal internasional berbayar antara situs yang satu dengan lainnya sama saja. Ada empat tahapan utama dalam melakukan proses download secara berbayar di berbagai situs ilmiah.

Pertama, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dan memasukkan judul atau kata kunci jurnal yang Anda inginkan pada kolom pencarian.

Kedua, pada saat ingin membuka jurnal, pengunjung wajib untuk login menggunakan akun yang sudah kita miliki. Bagi yang belum punya akun, wajib melakukan registrasi dulu menggunakan email dan data diri lainnya.

Ketiga, melakukan proses download dengan membayar harga jurnal via online sesuai dengan harga yang tertera dalam satuan dolar.

Keempat, proses download akan langsung berjalan sesaat setelah pembayaran online selesai kita lakukan. 

Cara Download Jurnal Internasional Berbayar Secara Gratis

cara download jurnal internasional

Meskipun ada banyak jurnal internasional yang bisa kita download secara gratis, namun beberapa judul jurnal yang sangat dibutuhkan justru harus dibeli sebelum didownload. Jika tidak mau repot melakukan pembayaran via online, ada cara rahasia untuk mendownload jurnal berbayar secara gratis.

Biasanya orang menyebut cara ini dengan cara download jurnal Internasional Sci Hub. Penyebabnya adalah karena situs utama yang kita gpakai sebagai media mendownload secara gratis adalah Sci Hub. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke situs penyedia jurnal yang sedang kita inginkan, bisa Science Direct atau Emerald Insight.
  2. Masukan kata kunci jurnal yang kita inginkan pada halaman pencarian.
  3. Pada download yang sifatnya berbayar, biasanya tidak ada tulisan download pdf, namun ganti dengan kata purchase pdf. Klik tombol purchase pdf.
  4. Artikel yang akan kita download akan muncul dengan berbagai detail, salah satunya  adalah alamat link yang ada tulisan doi. Orang biasanya mengenal ini sebagai link doi atau kode rahasia.
  5. Copy link tersebut.
  6. Masuk ke situs dari Sci Hub dengan alamat https://sci-hub.se/.
  7. Pada halaman utama yang bergambar burung, akan tersedia kolom kosong.
  8. Paste link doi yang dicopy tadi pada kolom tersebut, lalu tekan enter atau klik tombol open.
  9. Jurnal secara otomatis akan terdownload melalui aplikasi idm yang sudah ada pada PC tanpa membayar.
  10. Jika tanda IDM berarti akan langsung masuk dalam file download di komputer atau laptop kamu.

Akhir Kata

Beberapa cara download jurnal Internasional di atas bisa kamu terapkan untuk mempermudah mu mencari jurnal berkualitas hanya dengan melalui internet.

Agar ilmu yang kita dapatkan dari jurnal internasional lebih bermakna dan lebih baik, sebaiknya kita berusaha menggunakan cara-cara yang legal terlebih dahulu. Cara selain itu adalah jika dalam keadaan tidak mendesak.

Namun, kalau kondisi sedang terdesak dan tidak memiliki modal cukup untuk mendownload jurnal tersebut, barulah mencari jalan pintas dengan mendownload secara ilegal dan gratis.

Semoga artikel bermanfaat untuk siapapun yang membutuhkannya. Jika kamu suka dengan pembahasan seputar karya ilmiah? Kunjungi terus edukasiana.net

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *