Buku Non Fiksi

6 Likes Comment
buku non fiksi

Setidaknya ada 2 jenis buku yang bisa kita ketahui, yaitu buku fiksi dan buku non fiksi. Jelas kedua jenis buku tersebut memiliki perbedaan, untuk mengetahui detail tentang apa itu buku non fiksi akan dijelaskan dalam pembahasan dalam artikel ini.

Bagi Anda yang hobi membaca, apakah Anda menyukai jenis buku non fiksi? Karya non fiksi ada banyak jenisnya, bahkan terkadang orang juga tidak menyadari bahwa bukunya termasuk non fiksi.

Mungkin selama ini kamu tidak tahu bahwa buku yang sedang kamu baca saat ini atau yang pernah kamu baca merupakan buku non fiksi atau bukan.

Karena buku atau karya non fiksi lebih bermanfaat untuk pembacanya karena menambah wawasan keilmuan. Ketahui lebih banyak soal karya tulis non fiksi dengan membaca artikel ini sampai habis.

Link Terkait: Cotoh Judul Buku Fiksi

Buku Non Fiksi

buku non fiksi

Apa itu karya non fiksi? Pengertian karya tulis non fiksi merupakan suatu tulisan yang memiliki sifat informatif dan penulisnya bisa mempertanggungjawabkan kebenaran dari informasi maupun peristiwa yang tertulis melalui buku. 

Hal ini dikarena karya non fiksi dibuat berdasarkan data dan kejadian yang nyata. Karya tulis non fiksi sangat berbeda dengan karya fiksi yang penulisnya tidak memerlukan keakuratan mengenai isi buku.

Unsur Unsur Buku Non Fiksi

Dalam suatu buku biasanya terdapat unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Sebagai suatu buku, karya non fiksi juga memiliki unsur-unsur.

1. Sampul Buku

Sampul karya non fiksi hampir sama dengan sampul buku fiksi dan buku lainnya. Pada sampul buku, terdapat informasi mengenai judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan edisi buku. 

Judul buku pada karya non fiksi juga biasanya memakai kata baku yang sesuai dengan KBBI.

2. Pokok bab buku

Dalam pokok bab buku, penulis lebih menggunakan bahasa yang yang baku dan cenderung formal. Tidak hanya ada kata pengantar, pada beberapa karya non fiksi juga terdapat latar belakang, tujuan penulisan, dan manfaat dari karya tulis tersebut.

3. Judul bab dan sub bab

Unsur selanjutnya pada karya non fiksi adalah daftar isi. Daftar isi tersusun secara berurutan dan lengkap dengan halaman. Adanya penyertaan halaman dalam daftar isi karya non fiksi akan memudahkan pembaca untuk mencari informasi yang ingin mereka tahu.

4. Isi buku

Unsur selanjutnya yang penting dan menerangkan unsur-unsur sebelumnya dari karya non fiksi adalah isi buku. Pada isi buku terdapat pendahuluan, isi atau utama, dan penutup.  

Pada karya non fiksi bagian isi menggunakan kaidah kebahasaan yang baku serta berdasarkan data tersebut adalah data hasil riset atau penelitian. Bagian isi buku menjadi unsur yang bisa membedakan karya non fiksi dan fiksi dengan jelas.

5. Cara menyajikan isi buku

buku non fiksi

Cara menyajikan ini bisa kita lihat dalam daftar pustaka maupun referensi. Dari daftar pustaka, pembaca bisa mengetahui dari mana penulis memperoleh sumber referensi untuk kepentingan karya tulisnya.

6. Bahasa yang digunakan

Umumnya, bahasa yang digunakan dalam karya non fiksi adalah kata baku sesuai dengan KBBI. Jika terdapat kata serapan atau kata yang asing maka penulis biasanya akan mencantumkan dalam glosarium.  

Karya non fiksi dapat juga memakai bahasa seperti dalam tulisan ilmiah populer. Karya non fiksi harus memakai bahasa denotatif yang to the point dan jelas dengan tujuan supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman. 

Hal ini karena tujuan dari karya non fiksi adalah sebagai sumber informasi untuk pembaca.

7. Sistematika penulisan

buku non fiksi

Penulisan pada karya non fiksi harus sistematis. Setiap informasi seperti penyajian yang isinya berupa kumpulan data harus ada dengan terstruktur supaya pembaca tidak bingung saat membaca buku tersebut.

Ciri Ciri Buku Non Fiksi

sumber : freepik

Cara membedakan buku fiksi dengan non fiksi adalah dengan mengetahui ciri-cirinya. Apabila terdapat pertanyaan jelaskan perbedaan buku fiksi dan buku non fiksi maka salah satu alasanya  terletak pada ciri-ciri. Berikut merupakan ciri ciri dari karya tulis non fiksi:

1. Bahasa yang formal atau baku

Salah satu ciri yang paling membedakan antara karya non fiksi dengan fiksi adalah dari cara penyampaiannya. Non fiksi menggunakan bahasa yang formal. Maksud dari bahasa formal yaitu tidak memakai bahasa alay atau tulisan macam macam.

Selain itu, penulisan karya non fiksi juga harus memakai bahasa yang benar dan baik. Namun, memang ada jenis karya non fiksi yang menggunakan bahasa formal tapi lebih santai, misalnya buku motivasi. Walaupun santai pemilihan kata juga harus kita lakukan dengan tepat.

Setiap penerbit memiliki kebijakan atau kategori sendiri dalam penggunaan bahasa. Banyak penerbit buku yang menerima buku dengan pemakaian bahasa formal dan ada juga penerbit yang tetap menerima buku yang menggunakan bahasa sesuai karakter dari penulis.

2. Buku Non Fiksi Harus Dengan Bahasa yang Denotatif

Ciri khas lainnya dari karya non fiksi adalah pemakaian bahasa denotatif. Bahasa denotatif memiliki arti bahwa kata yang dipakai adalah makna sebenarnya. Penulis harus bisa menyampaikan informasi secara lengkap namun to the point dan tegas kepada pembaca.

Hal ini berbanding terbalik dengan karya fiksi yang menggunakan bahasa dengan makna yang tidak sebenarnya dan membuat pesan dari buku tersamarkan. 

Pemakaian bahasa denotatif memiliki tujuan agar penulis dapat memberikan informasi yang ingin dia sampaikan kepada audiens. Informasi yang ingin diutarakan dapat disampaikan secara tepat dan tidak terlalu rumit. 

Selain informasi, karya non fiksi juga bisa memberikan motivasi serta inspirasi untuk pembaca.

3. Isinya berkaitan tentang fakta/aktual

Karya non fiksi berisi pesan yang memiliki sifat fakta serta faktual. Fakta tersebut disampaikan sesuai dengan informasi dan data yang diperoleh. Faktual itu apa

Isi yang dijelaskan juga bersifat faktual, artinya pembaca bisa langsung memperoleh informasi yang ingin diketahui dari sebuah buku. Beberapa jenis atau kategori non fiksi, yaitu buku motivasi, buku referensi, dan buku ajar. Setiap jenis buku memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda.

4. Tulisannya bersifat ilmiah populer

Karya non fiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan fakta. Suatu karya tulis yang disampaikan memakai gaya penulisan yang ditujukan untuk ilmiah populer. Artinya bahwa tulisan untuk karya non fiksi tidak selalu kaku. Bagaimana bentuk tulisan ilmiah populer?

Ketika Anda melihat skripsi, tesis, makalah, dan laporan yang merupakan tulisan ilmiah populer maka bentuk tulisan akan terlihat sama. Dikatakan tulisan ilmiah populer sebab buku ini dijelaskan memakai bahasa yang disesuaikan dengan target pembaca lengkap dengan data dari sumber.

Sumber kajian yang digunakan tidak langsung ditulis begitu saja di dalam karya non fiksi. Penulis perlu memahami informasi dari sumber dan menyampaikan ulang dengan kata-kata sendiri. Kombinasi ide penulis dan ide dari sumber juga bisa untuk penulisan  karya non fiksi.

5. Isinya diambil dari yang sudah ada ataupun penemuan

Pembuatan karya non fiksi memiliki tujuan sebagai penyempurnaan suatu gagasan atau ide dari penulis yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, jika ada penulis yang ingin menulis karya non fiksi dengan tema dan isi yang sama penerbit akan berpikir ulang. 

Penerbit-penerbit besar lebih menyukai suatu karya yang menarik dan berbeda. Seorang penulis karya non fiksi harus bisa memikirkan selling point dari buku yang dia tulis supaya bisa penerbit terima. Gunakan ide asli dengan tambahan yang unik agar karya lolos untuk diterbitkan.

Struktur Buku Non Fiksi

Setiap karya tulis memiliki struktur yang berbeda, karena tujuan dan cara penyampaiannya juga berbeda. Berikut yang termasuk struktur karya non fiksi yaitu:

  • Orientasi: Pada bagian orientasi, pertama penulis akan mencoba mengenalkan isi yang akan dibahas dari suatu buku. Umumnya, orientasi dapat berisi mengenai pengenalan dari tokoh yang berpengaruh dari awal kisah sampai akhir.
  • Urutan kejadian: Urutan kejadian atau peristiwa menjelaskan tentang urutan dari kejadian yang terjadi mulai dari awal dan berakhir ketika permasalahan selesai.
  • Reorientasi: Bagian reorientasi berisi kesimpulan dan penutup dari karya tulis. Penulis akan menambahkan pesan moral atau pesan yang bermakna yang bisa diambil dari buku tersebut.

Resensi Buku Non Fiksi

buku non fiksi

Ada banyak buku yang bisa diresensi, misalnya resensi buku tentang kesehatan dan tentang teknologi

Buku tentang kesehatan dan olahraga, tentang pendidikan, tentang kesehatan, dan tentang sosial budaya menjadi buku yang banyak siswa sekolah resensi. Hal-hal yang terdapat dalam resensi buku yaitu:

Baca Juga: Contoh Resensi Buku Non Fiksi

1. Judul resensi

Ada banyak contoh resensi yang bisa Anda baca sebelum membuat resensi sendiri. Komponen pertama dalam resensi buku adalah judul resensi. Judul resensi yaitu judul yang dibuat oleh peresensi. 

Sehingga, jangan bingung apabila terdapat dua judul dalam resensi buku. Judul pertama yaitu judul resensi buku dan judul kedua yaitu judul asli dari buku yang diresensi.

Bagaimana cara membuat judul resensi? Buatlah judul yang berbeda dengan judul asli dari buku tersebut. Walaupun begitu, masih banyak peresensi pemula yang menganggap bahwa judul resensi dan judul buku adalah sama.

2. Identitas buku

Identitas buku merupakan identitas dari buku yang diresensi. Penulisan identitas buku memiliki tujuan agar pembaca bisa mengenal buku dan tahu informasi mengenai buku yang diresensi secara singkat dan detail.

Penulisan identitas buku memiliki manfaat bagi pembaca untuk mengetahui nama penulis, mengetahui penerbit yang memproduksi buku, jumlah halaman, berat buku, sampai ISBN. Bukan hanya itu, pencantuman dan identitasnya menjadi cara yang dapat kita lakukan untuk branding.

Unsur-unsur yang masuk untuk contoh identitas buku yaitu judul, pengarang, penulis buku, penerbit, tahun terbit buku, berat buku, ketebalan buku, ISBN, dan harga buku. Judul pengarang penerbit jumlah halaman isi buku menjadi hal penting untuk identitas

3. Cover buku yang di resensi

Komponen selanjutnya setelah identitas buku yaitu memasukkan cover buku. Supaya hasil resensi lebih baik, cover bukunya harus hasil mengambil gambar cover sendiri. Sebaiknya jangan sampai menggunakan foto dari internet atau milik orang lain.

Masalah yang bisa timbul karena menggunakan foto orang lain adalah masalah hak cipta. Apabila sumber foto tersebut tidak dimasukkan dan pemilik foto merasa tidak setuju bisa terjadi masalah yang cukup rumit. 

Melakukan penyertaan foto supaya pembaca tidak keliru dengan buku yang memiliki judul sama. Foto adalah cara memperjelas bahwa resensi karya tersebut dibuat menggunakan karya non fiksi yang sama dengan foto. Pembaca juga bisa mengetahui buku yang dimaksud secara jelas.

4. Paragraf pembuka

Sebelum menulis inti, pemilihan kata-kata untuk paragraf pembuka juga menjadi penting. Tips agar hasil resensi pembaca sukai adalah menggunakan lead yang menggunakan kata-kata menggelitik atau menarik perhatian.

Perlu Anda ingat lagi bahwa resensi menjadi salah satu cara untuk branding. Oleh karena itu, peresensi harus bisa membuat paragraf pembuka yang menarik maupun menyenangkan ketika orang baca. 

Jika merasa bingung atau sulit membuat paragraf pembuka yang menarik, gunakan permasalahan inti dalam buku tersebut. Perbanyak literasi supaya tidak kesulitan membuat kata-kata. 

Olah kata-kata dan hubungkan memakai bahasa yang mudah orang pahami dan umum untuk orang awam baca.

5. Inti resensi

Komponen paling utama dalam resensi yaitu inti atau sinopsis. Inti resensi yang baik mampu merangkum atau ringkasan atau rangkuman dari sebagian besar isi dari buku yang diresensi. 

Dalam inti resensi juga biasanya memasukkan kutipan atau pesan asli yang tertulis dalam dalam buku. Contoh ikhtisar juga bisa menjadi contoh inti resensi. Peresensi juga biasanya akan menambahkan kelemahan maupun kelebihan yang terasa dari buku. 

Informasi tambahan lainnya adalah rekomendasi usia terbaik untuk membaca buku yang dimaksud. Misalnya, buku cocok dibaca oleh remaja, orang dewasa, mahasiswa, atau masyarakat secara umum. 

Hal ini berhubungan dengan jenis karya non fiksi yang bertujuan untuk segmentasi pembaca yang berbeda.

Contoh Buku Non Fiksi

Anda tidak perlu pusing mencari bacaan berkualitas, ada banyak contoh buku non fiksi dan fiksi yang bagus. Ada juga buku tentang bisnis biasanya dibuat oleh pengusaha yang pernah membangun suatu usaha dari awal sampai sukses. 

Ada contoh karya tulis non fiksi halaman sedikit dan ada juga buku dengan ketebalan 50 halaman Berikut ini beberapa contoh dari karya tulis non fiksi:

  • Contoh karya tulis non fiksi tentang sosiologi – Nasionalisme, Islamisme, Marxisme

Karya tulis non fiksi ini berisi pemikiran-pemikiran asli dari Ir Soekarno mengenai banyak hal, terutama mengenai ideologi, kemerdekaan, dan nasionalisme yang terjadi dari tahun 1928-1940. Tulisan-tulisan tersebut dimuat dalam surat kabar Pikiran Rakyat dan Suluh Indonesia Muda. 

Bisa dikatakan bahwa pikiran beliau yang terdapat dalam buku sudah menjadi haluan perjuangan dari Ir Soekarno untuk menentukan masa depan dari bangsa Indonesia menuju persatuan dan kemerdekaan.

  • Contoh karya tulis non fiksi tentang pendidikan – Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Berdasarkan materi yang terdapat dalam buku ini, para siswa diharapkan dapat menjadi penerus bangsa yang bisa dibina dan diarahkan untuk berpikir, bersikap, serta menunjukkan kepedulian terhadap bangsa. 

Generasi penerus juga bisa menempatkan kepentingan umum dalam hal ini negara diatas kepentingan pribadi maupun golongan. 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bisa mengantarkan siswa supaya bisa menghadapi tantangan yang ada di masa depan. 

Memiliki bekal falsafah Pancasila, siswa mampu mengikuti perkembangan serta perubahan zaman, namun tetap bisa mempertahankan karakter asli dari bangsa Indonesia.

  • Contoh karya non fiksi untuk anak – Aktivitas Super Meningkatkan IQ (Binatang Buas)

Buku yang termasuk sebagai non fiksi ini merupakan buku yang berisi aktivitas yang dapat kita pakai untuk mengasah kemampuan dalam berpikir anak-anak. Logika berpikir mulai harus terasah sejak anak-anak, karena anak mudah memahami macam-macam hal. 

Latihan yang terdapat dalam buku ini menjadi kegiatan dasar dalam mengasah kemampuan berpikir anak sambil mengenal hewan atau binatang buas.

10 Kumpulan Contoh Judul Buku Non Fiksi Terbaik

Beberapa contoh judul dari kumpulan karya tulis non fiksi yang bisa Anda baca ada 10 contoh yang terbaik dan bisa Anda cari dalam bentuk pdf atau ebook (elektronik), simak judul buku non fiksi berikut ini:

1. Fisika untuk SMA

buku non fiksi

Karya non fiksi yang pasti para siswa miliki adalah buku pelajaran. Buku Fisika untuk SMA yang termasuk sebagai buku pelajaran ini perlu menggunakan referensi dan sumber yang benar, karena merupakan suatu ilmu pengetahuan.

2. Sapiens: A Brief History of Humankind

Jika Anda mencari karya non fiksi yang menarik, buku Sapiens ini menjadi rekomendasi yang wajib dibaca. Buku karya Yuval Noah ini bercerita tentang perjalanan manusia dengan pembawaan yang menarik, sehingga orang-orang dapat menikmati tulisannya.

3. Contoh Buku Non Fiksi – Perempuan

buku non fiksi

Buku yang ditulis oleh M Quraish Shihab ini berjudul Perempuan. Isi dari karya non fiksi ini sangat bermanfaat sesuai dengan judulnya yang bermakna. Dalam buku ini ada panduan dalam beragama untuk perempuan. Sumber yang digunakan juga terpercaya dan tidak diragukan.

4. Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya

Ada berapa banyak orang jenius diantara orang-orang biasa? Untuk mendidik anak jenius, orang tua perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni. Buku karya It Pin Arifin ini termasuk buku motivasi yang bercerita mengenai Mozart kecil yang jenius dan selalu bahagia.

5. Logika dan Himpunan

buku non fiksi

Buku pelajaran matematika yang ditulis Drs. Sukirman M.Pd berjudul Logika dan Himpunan ini berisi materi-materi yang membahas logika dan himpunan. Kelebihan dari buku Logika dan Himpunan adalah soal-soal yang banyak dan bisa kita kerjakan untuk latihan.

6. Rudy: Kisah Muda Sang Visioner

B.J Habibie adalah sosok yang terkenal di Indonesia karena kemampuannya. Buku Rudy yang ditulis oleh Gina S Noer ini bisa Anda baca untuk mengenal lebih dalam sosok BJ Habibie muda. 

Di dalam buku mengisahkan Habibie muda yang memiliki banyak kehebatan pada masa itu dengan hidup sederhana. Jika ingin mengetahui dari resensi terdapat resensi buku Habibie dan Ainun.

7. Filsafat Pendidikan Islam

buku non fiksi

Buku Filsafat Pendidikan Islam berisi edukasi Islami mengenai filsafat pendidikan Islam yang dibahas secara menarik. Selain itu, penjelasan yang ada di dalamnya juga lengkap. Penggunaan bahasa yang umum dan mudah pembaca pahami menjadi kelebihan untuk buku edukasi agama.

8. Super Genius Olimpiade Matematika

Untuk anak SMP yang sedang mempersiapkan diri mengikuti olimpiade, buku Super Genius Olimpiade Matematika menjadi salah satu contoh buku yang bisa Anda gunakan. Buku ini juga mempunyai soal beserta pembahasan yang bisa para siswa gunakan untuk latihan soal.

9. Algoritma dan Pemrograman C++

buku non fiksi

Buku ini sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar pemrograman mulai dari materi algoritma. Algoritma menjadi bagian penting yang perlu kita pelajari jika ingin mendalami pemrograman. Penjelasan secara detail membuat pembaca bisa mempelajarinya secara mudah.

10. Anatomi & Fisiologi

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi mengenai anatomi dan fisiologi yang berguna untuk buku pengetahuan. Terdapat gambar ilustrasi yang sangat mendukung penjelasan mengenai materi. Beberapa subjudul memiliki petunjuk berupa penjelasan detail dari materinya.

Jenis Jenis Buku Non Fiksi

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui, bahwa ada banyak jenis karya tulis fiksi, contohnya ensiklopedia, esai, bahkan buku tentang sejarah Indonesia . Ada juga karya non fiksi yang halamannya sedikit.

1. Buku Otobiografi

buku non fiksi

Mungkin Anda sering mendengar istilah buku biografi, namun bagaimana dengan buku otobiografi? Buku otobiografi beserta unsur-unsurnya merupakan salah satu dari jenis karya non fiksi. 

Buku otobiografi merupakan buku yang berkisah mengenai perjalanan atau riwayat yang ditulis oleh dirinya sendiri. Contohnya, Anda menulis mengenai kisah hidup atau perjalanan dan menjadikannya sebuah buku. Buku yang Anda tulis tersebut bernama buku otobiografi.

2. Buku Biografi

Ada banyak macam karya non fiksi, salah satu yang paling banyak orang ketahui adalah buku biografi. Buku biografi merupakan sebuah buku yang menjelaskan atau mengisahkan mengenai kisah hidup atau pengalaman seseorang yang ditulis dan diceritakan kembali oleh penulis (orang lain). 

Contoh karya non fiksi yang terkenal yaitu kisah perjalanan hidup Ir Soekarno, kisah karir dari Muhammad Toha, buku Mohammad Hatta dan jenis buku biografi lainnya.

3. Buku Motivasi

Buku tentang motivasi merupakan buku yang ditulis sesuai dengan kajian psikologi serta bisa membangkitkan semangat dari pembaca buku tersebut. Jenis buku motivasi termasuk sebagai karya non fiksi karena tulisannya menggunakan kajian dari ilmu pengetahuan psikologi.

Salah satu contoh buku motivasi populer di Indonesia untuk remaja dan masyarakat umum adalah Mimpi Sejuta Dolar yang dikarang oleh Merry Riana.

4. Buku Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran sekolah menjadi jenis buku yang termasuk non fiksi. Hal ini dikarenakan buku pelajaran sekolah dibuat berdasarkan titik-titik hasil kajian keilmuan dengan tujuan pendidikan. 

Umumnya, buku pelajaran sekolah tersusun oleh suatu lembaga khusus untuk kajian dan rujukan pada kampus, sekolah, maupun yayasan. Buku pelajaran sekolah perlu tersusun dengan baik, memakai format yang telah ada, serta sesuai standar pelajaran untuk materi tertentu.

5. Buku Kesehatan

buku non fiksi

Buku tema kesehatan merupakan suatu buku yang berisi mengenai rujukan dan panduan mengenai masalah kesehatan. Karena bersifat penting, buku kesehatan tidak bisa sembarangan orang tulis.

Buku kesehatan harus orang yang profesional tulis atau orang yang kompeten dalam bidang tersebut. Penulis juga harus bisa membuktikan keilmuan secara akademik.

6. Buku Panduan

Jenis karya non fiksi selanjutnya adalah buku panduan. Buku panduan adalah suatu buku yang berisi mengenai panduan pemakaian alat, produk, atau cara tertentu. Buku panduan termasuk ke dalam karya non fiksi sebab buku ini berdasarkan kebenaran dan fakta. 

Syarat utama pembuatan buku panduan yaitu harus jelas dan benar dalam memberikan suatu informasi supaya tidak membingungkan pembaca.

Peta Konsep Buku Non Fiksi

Ini merupakan bagan skematis untuk mewakili hubungan antara satu konsep dengan konsep lain sehingga dapat menjelaskan suatu bagian dengan konseptual. 

Ini sebagai cara untuk menyajikan atau menganalisis suatu informasi dalam bentuk beberapa konsep yang saling terhubung. Peta konsep juga dapat untuk ikhtisar

Cara membuat peta konsep yaitu dengan cara membuat diagram yang berisi topik tertentu lalu dihubungkan satu sama lain. Contoh dari peta konsep untuk karya non fiksi, yaitu:

Judul: Apresiasi Sastra Indonesia
Isi Buku
Bab IBab IIBab IIIBab IVBab v
Pendahuluan ·       Pengertian kesusastraan ·       Manfaat karya sastra ·       Jenis-jenis karya sastraPuisi ·       Pengertian puisi ·       Karakteristik puisi ·       Jenis-jenis puisi ·       Cara menulis puisiProsa ·      Pengertian prosa ·      Karakteristik prosa ·      Jenis-jenis prisa ·      Cara menulis prosa  Drama ·       Pengertian drama ·       Karakteristik drama ·       Jenis-jenis drama ·       Cara mementaskan dramaPenutup

Manfaat Membaca Buku Non Fiksi

buku non fiksi

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika membaca karya tulis non fiksi Indonesia terbaik maupun luar negeri. Karya tulis non fiksi yang berisi informasi faktual dan fakta akan menambah wawasan bagi orang yang membacanya. 

Selain itu, membaca buku biografi juga dapat menambah wawasan sejarah karena bersumber dari sejarah nyata di masa lalu. Tidak hanya itu saja, membaca buku berhubungan dengan keinginan seseorang dalam mengembangkan diri menjadi seseorang yang lebih baik. 

Umumnya, di sekolah siswa akan membuat contoh laporan kegiatan prabaca dan contoh laporan kegiatan membaca karya tulis non fiksi. Ada banyak contoh laporan membaca yang bisa diikuti dan dijadikan contoh di dalam buku pelajaran dan internet.

Ternyata, banyak sekali jenis dan contoh karya tulis non fiksi yang bisa kita baca dan pelajari. Membaca buku banyak memberikan manfaat untuk pembacanya, termasuk buku jenis non fiksi. Setelah membaca, Anda juga bisa merangkumnya dalam bentuk resensi.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar Buku Non Fiksi mulai dari jenis-jenis, struktur, contoh buku, sampai contoh peta konsep yang sudah Admin jelaskan secara jelas. Suka dengan konten seputar buku? Kunjungi terus edukasiana.net

You might like

About the Author: Abdurokhim

Hanya suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia pendidikan, teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *