Apa Itu Google Scholar

14 Likes Comment
apa itu google scholar

Apa itu google scholar?, Nah ini adalah pertanyaan yang mungkin juga kamu tanyakan. Karena ingin tahu tentang manfaat dan fungsi dari google scholar. Khususnya bagi para kalangan akademisi atau pelajar.

Bagi masyarakat umum, nama Google Scholar atau google cendekia sepertinya masih sangat asing ya? Padahal layanan Google yang satu ini sudah berusia hampir 17 tahun lho. Cari tahu yuk, tentang Google Scholar dan apa bedanya dengan Google biasa?

Apa Itu Google Scholar dan Perbedaannya dari Google Biasa

apa itu google scholar

Meski sama-sama mengandung nama Google, tapi Google Scholar berbeda dengan Google yang biasanya Anda gunakan lho. Google Inc meluncurkan Google cendekia pada tahun 2004 untuk bertindak sebagai mesin pencari web yang secara khusus mencari literatur ilmiah dan sumber daya akademis.

Secara tampilan, Google cendekia memiliki antarmuka yang mirip dengan Google biasa, yang membuatnya mudah orang gunakan termasuk bagi Anda yang pemula. Namun ada perbedaan nih dari keduanya, yaitu:

1. Fungsi

Secara sederhana, Google biasa berfungsi sebagai mesin pencari konten web publik. Sedangkan Google Cendekia khusus untuk mencari buku, artikel, jurnal, dan dokumen ilmiah.

Jadi alat ini memungkinkan Anda untuk menemukan teks lengkap atau metadata literatur ilmiah di berbagai format dan disiplin ilmu penerbitan.

Fokus ilmiah inilah yang membuat Google cendekia berbeda dari Google biasa. Memang benar bahwa hal-hal berbau ilmiah tadi bisa dicari dengan Google biasa, tapi hasilnya tidak akan selengkap seperti saat Anda menggunakan google cendekia.

2. Antarmuka

Alasan lain mengapa mahasiswa di seluruh dunia menggunakan Google cendekia sebagai alat pencari literatur atau bahan ilmiah untuk tugas akademis kampus adalah antarmukanya yang bersih dan lebih tertata daripada Google biasa.

Hasil pencarian Google cendekia diatur untuk mencakup materi ilmiah lebih sering daripada Google biasa dengan mencantumkan materi menurut alamat (khususnya domain seperti .edu atau .gov), apa yang mengutipnya, apa yang dikutip, apa yang ditautkan dengannya, dan variabel lain.

Singkatnya, antarmuka Google cendekia lebih enak dilihat dan dengan ikon “My library” di kiri atas halaman yang memudahkan Anda untuk menyimpan atau mem-bookmark artikel yang sudah susah payah Anda temukan di sepanjang pencarian.

3. Kekurangan

Meski sedikit lebih unggul dari Google biasa, tapi Google cendekia rupanya juga memiliki kekurangan lho. Salah satu yang paling menonjol adalah Scholar sering menautkan pengguna ke makalah dan artikel di situs web penerbit komersial yang mengharuskan pengguna membeli langganan atau membayar artikel.

Apa Itu Google Scholar Citation?

Pada Google Scholar tadi, munculah istilah lain yaitu Google Scholar Citation, yang merupakan layanan kutipan yang disediakan secara gratis. Layanan ini mudah disiapkan terutama jika Anda sudah memiliki akun Google.

Seperti layanan pelacakan kutipan lainnya, layanan ini dapat melacak artikel akademis sekaligus dapat menghitung tesis, judul buku, dan dokumen lain untuk metrik kutipan penulis. Layanan ini kemudian juga memungkinkan penulis menyiapkan profil untuk mencantumkan publikasi metrik kutipan dan artikel.

Metrik kutipan ini biasanya diupdate secara otomatis, tapi untuk daftar publikasi, Anda dapat memilih untuk update secara otomatis atau manual. Anda juga dapat menjadikan profil Anda publik, sehingga bisa muncul di hasil Google cendekia saat orang mencari nama Anda.

Artikel Terkait: Cara Upload Jurnal di Google Scholar

Apa Itu Google Scholar Id

apa itu google scholar

Secara sederhana, google cendekia id sama dengan username Anda. Tapi kadang beberapa pengguna baru masih bingung apa ID dari Google cendekia/scholar miliknya. Jika Anda juga belum tahu, inilah caranya:

  • Copy dan tempelkan link ini “https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id” ke address bar web browser Google Chrome Anda.
  • Arahkan kursor ke pojok kiri atas dan klik ikon tiga gari.
  • Setelah muncul menu drop-down, pilih “Profil saya” dan ID Anda akan muncul di address bar bagian paling belakang.

Akhir Kata

Sekarang sudah lebih paham kan apa itu Google Cendekia? Kini Anda bisa menjadikannya mesin pencari yang lebih akurat jika Anda membutuhkan referensi ilmiah untuk tugas sekolah atau kampus.

You might like

About the Author: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WA
Konsultasi Publikasi
Hello Edukasiana, Saya mau publikasi jurnal